Home Headline Bawaslu Sosialisasikan Pilwakot Semarang 2020 Lewat Gelar Budaya

Bawaslu Sosialisasikan Pilwakot Semarang 2020 Lewat Gelar Budaya

1039
Bawaslu Kota Semarang

Semarang, 30/11 (BeritaJateng.net) – Jelang gelaran pesta demokrasi Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwakot) Semarang 2020, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang berencana menggelar sosialisasi bertajuk Gelar Budaya.

Gelar Budaya yang digelar Bawaslu Kota rencananya akan berlangsung di Taman Indonesia Kaya pada 1 Desember 2019 nanti.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang, Muhammad Amin mengatakan jika Gelar Budaya ini sekaligus menjadi kegiatan puncak dari serangkaian sosialisasi partisipatif kepada kelompok sasaran yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

Kegiatan Bawaslu kota Semarang telah berlangsung cukup lama, dimulai dengan pembentukan Kelurahan Pengawasan di Kandri, Mangkang Wetan, dan Tandang. Serta pembentukan Kelurahan Anti Politik Uang di Plamongan Sari, Sumurboto, dan Gayamsari, kemudian akan dilakukan pula sosialisasi lewat Gelar Budaya.

“Kami akan mengundang Bawaslu Jateng, seluruh Forkopimda di wilayah Kota Semarang, serta seluruh masyarakat,” ucap Amin saat Konferensi Pers Persiapan Pilwakot Semarang 2020.

Acara itu akan dimeriahkan aksi band lokal Semarang, kelompok gamelan Semarang, serta penampilan dari perwakilan kelurahan pengawasan dan kelurahan anti politik uang.

Menurutnya, kegiatan Gelar Budaya bertujuan untuk mengajak masyarakat berpartisipasi dan peduli akan pentingnya pelibatan semua elemen masyarakat dalam pengawasan kepala daerah.

“Kami mengajak masyarakat berani bersikap serta menolak segala bentuk politik uang juga berani melaporkannya pada Bawaslu. Sebab politik uang menjadi virus yang menciderai nilai-nilai demokrasi yang sedang dibangun bersama melalui pilkada langsung,” ungkapnya.

Amin berharap, partisipasi masyarakat untuk ikut mengawasi proses Pilkada 2020 mendatang.

“Mari kita ikut mengawasi agar tidak ada pelanggaran dan Pilwakot Semarang berjalan sesuai aturan dan dapat berlangsung demokratis sesuai pilihan masyarakat,” tandas Amin. (El)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here