Home News Update Bawaslu Jateng : Panwascam Wajib Miliki SIM P

Bawaslu Jateng : Panwascam Wajib Miliki SIM P

image

Semarang, 5/6 (BeritaJateng.net) – Badan Pengawas Pemilu Jateng menghimbau Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk wajib memiliki SIM P dalam proses Pemilihan Wali dan Wakil Wali Kota Semarang.
 
Hal ini ditegaskan Ketua Bawaslu Jateng, Abhan Misbah dalam sambutan Pelantikan 48 Panwascam se-Kota Semarang di Gedung Moch Ihsan Balaikota Semarang, Jumat (5/6).
 
Ia menjelaskan, mengingat tugas berat Panwascam sebagai pengawas Pilkada, apalagi banyak kandidat yang merupakan orang lokal sehingga memiliki kepentingan yang lebih tinggi.
 
Dijelaskan, mengenai SIM P, ia menganalogikan Panwascam dengan seorang sopir yang mengendarai kendaraan maka harus memiliki SIM.
 
SIM P yakni kepanjangan dari S adalah Solidaritas. Huruf I adalah Imparsial yang artinya lebih tinggi dari Independent dan Netralitas atau tidak memihak. “Setiap Pengawas sudah diambil sumpah janji, maka benar-benar tidak boleh memihak. Ibaratnya, mereka berdiri sebagai wasit jadi harus adil dan tidak boleh pandang bulu,” ungkapnya.
 
Sementara itu, lanjutnya, huruf M adalah Mental, mental yang kuat dari intervensi apapun. “Mental pengawas harus benar-benar kuat, jangan sampai terpengaruh sedikitpun dan terintervensi pihak mana pun. Sedangkan huruf P adalah Pengawas, yakni bertugas mengawasi dan mengawal berjalannya pilkada nanti,” katanya. (Bj05)