Home Headline Bawaslu Bentuk Pokja Penanganan Pelanggaran Protokol Kesehatan Covid-19

Bawaslu Bentuk Pokja Penanganan Pelanggaran Protokol Kesehatan Covid-19

192

Semarang, 22/10 (BeritaJateng.net) – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Semarang menggelar Rapat Koordinasi Pembentukan Kelompok Kerja (Pokja) Pencegahan dan Penanganan Pelanggaran Covid-19 dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Semarang Tahun 2020.

Pokja ini dibentuk dengan menggandeng beberapa instansi seperti Pjs Walikota Semarang, Dinas Kesehatan, Polrestabes, Kodim 0733 BS, Kejaksaan Negeri, Satpol PP, Kesbangpol dan KPU Kota Semarang.

Pokja penanganan pelanggaran protokol kesehatan bertugas untuk memastikan penyelenggaraan Pilwakot Semarang 2020 sesuai prosedur kesehatan dan wajib 3M. Pemilih dan penyelenggara di wajibkan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Ketua Bawaslu Kota Semarang, Muhammad Amin mengatakan bahwa pembentukan Pokja ini prinsipnya hampir sama dengan gugus tugas, muaranya pada pencegahan pada tahapan pilkada agar tidak terjadi penyebaran Covid-19, terutama saat ini masa kampanye yang akan berakhir nanti pada tanggal 5 Desember 2020.

Pembentukan Pokja ini diharap dapat menciptakan rasa aman kepada masyarakat agar dapat menyalurkan hak suaranya dengan nyaman.

“Pembentukan Pokja ini merupakan tindak lanjut dari Surat Bawaslu RI Nomor 0561/K.Bawaslu/PM.06.00/IX/2020 tentang Pembentukan Pokja Pencegahan Covid-19 pada Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota Tahun 2020. Oleh karena itu kami membentuk Pokja bersama dengan beberapa instansi terutama untuk menerapkan protokol kesehatan wajib 3M dan mencegah adanya cluster baru pada Pilkada 2020 khususnya di Kota Semarang,” ungkapnya.

Lanjutnya, rapat Koordinasi Pembentukan Pokja Pencegahan Covid-19 ini diselenggarakan untuk menyamakan persepsi antara Bawaslu dengan instansi-instansi yang masuk dalam struktur Pokja sebagai upaya pencegahan bersama. “Nantinya setelah terbentuk akan lebih memudahkan kami untuk berkoordinasi,” jelasnya. (AK/El)