Home Headline Bawa Tiga Kg Sabu, Pria Ini Diamankan Polda Jateng

Bawa Tiga Kg Sabu, Pria Ini Diamankan Polda Jateng

jpeg (3)
Semarang, 9/7 (BeritaJateng.net) – Dit Resnarkoba Polda Jateng meringkus seorang kurir narkoba jenis sabu bernama Dasono (51) warga Porong, Sidoarjo.

Ia ditangkap karena kedapatan membawa paket sabu seberat tiga kilogram yang telah di bungkus plastik saat menumpangi bus Safari, dari Jakarta menuju Porong, pada Sabtu (4/7) lalu, sekitar pukul 07.30 WIB pagi. 

Dir Resnarkoba, Polda Jateng, Kombes Pol Eko Widodo mengatakan tersangka ditangkap karena petugas curiga akan barang bawaan saat hendak menumpang bus Safari dari Jakarta.

“Jadi tersangka itu membawa barang untuk mengelabuhi petugas, sabu tersebut dibungkus di dalam kardus sepatu dan kardus susu, dan dimasukan dalam ranselnya,” katanya.

Eko menambahkan, dari pengakuan pelaku yang merupakan kurir itu, dirinya mendapatkan upah sebesar Rp. 2 juta untuk mengambil barang tersebut dari Jakarta.  

“Dia (Tersangka-Red) itu kurir ambil barang dari Jakarta. Barang sebanyak itu kemungkinan akan diedarkan ke wilayah Jawa Tengah dan perbatasan dengan Jawa Timur,” tuturnya. 

Eko menjelaskan, dari semua barang bukti yang disita dari tersangka jika ditotal sabu seberat tiga kilogram ini senilai Rp. 3 miliar.

“Jadi barang bukti senilai tiga kilo semua bisa merusak ribuan orang, khususnya generasi muda,” jelasnya.

Hingga kini, pelaku masih diperiksa untuk mengetahui jaringan narkoba tersebut. Pelaku akhirnya dijerat pasal 112 dan 114 tentang penyalahgunaan obat terlarang.

Selain menangkap kurir sabu di Batang, petugas juga berhasil mengungkap jaringan narkoba jenis sabu yang menyimpan barangnya di Ambarawa, sebanyak 1,5 kilogram pada 29 Juni lalu. Setelah ditelusuri, pelaku merupakan jaringan dari Temanggung. (BJ04)