Home Hukum dan Kriminal Bawa Sabu 8 gram, Pemuda 20 Tahun Dibekuk Polisi

Bawa Sabu 8 gram, Pemuda 20 Tahun Dibekuk Polisi

Polisi (kiri) meminta keterangan dari pengedar narkoba yang diketahui masih berusia 20 tahun.

Cilacap, 19/9 (BeritaJateng.net) – Setelah satu bulan melakukan penyelidikan, polisi akhirnya berhasil membekuk seorang pemuda warga Dusun Kalibanjar Desa Jeruklegi Wetan Kecamatan Jeruklegi, Cilacap. Ia diketahui selama ini menjadi pelaku untuk peredaran narkoba disekitar tempat tinggalnya.

Dari tangan tersangka bernama AP yang masih berusia 20 tahun, polisi menyita 14 paket atau bungkus kecil narkoba jenis sabu-sabu dengan berat  sekitar 8 gram. Barang bukti lain turut disita yakni satu set alat penghisap sabu alias bong, korek api, sebuah handphone, timbangan digital dan beberapa bungkus plastik klip kosong.

Kasat Narkoba Polres Cilacap, AKP Sumanto mengatakan, penangkapan terhadap AP dilakukan pada Rabu (14/9) lalu. Ketika itu pelaku sedang berada di depan sebuah toko waralaba disekitar pasar Jeruklegi Cilacap. “Kami tangkap tersangka berikut barang bukti hasil penggeledahan” ujar Sumanto, Senin (19/9).

Dijelaskan, untuk mengelabuhi petugas pelaku menyembunyikan barang buktinya di dalam bungkus rokok yang dimasukan kebungkus handphone.  Tetapi AP akhirnya tak berkutik setelah barang yang disembunyikan itu ditemukan petugas. Ia segera digelandang ka Mapolres Cilacap dan sekarang ini masih menjalani pemeriksaan. “Kami terus mengembangkan penyidikan untuk mendapat kemungkinan jaringan yang melibatkan AP,” tuturnya.

Ancaman hukuman 20 tahun penjara tampaknya bakal menjerat pelaku sesuai pasal 114 ayat 2, sub pasal 112 ayat 2 Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Ancaman 20 tahun penjara ini tersangka telah terbukti memiliki dan menguasai narkotika golongan I  bukan tanaman yang beratnya melebihi 5 gram.  (BJ33)