Home Hukum dan Kriminal Bawa 3 Kg Sabu-Sabu, Darsono Dibekuk Polisi

Bawa 3 Kg Sabu-Sabu, Darsono Dibekuk Polisi

IMG_20150710_104648

Batang, 10/7 (Beritajateng.net) – Jajaran Reskrim Narkoba Polres Batang dan anggota Polsek Gringsing berhasil membekuk seorang kurir narkoba jenis sabu-sabu seberat tiga (3) Kilogram yang diperkirakan bernilai Rp 5 Milliar lebih, Jumat (10/7).

Tersangka Darsono (51) warga Kp Gedung Tarukan Gang II No.15 RT 01 RW 03 Kelurahan Mojo Kecamatan Gubeng Kotamadya Surabaya, lantaran membawa narkoba jenis sabu kini harus berurusan dengan pihak petugas kepolisian Polres Batang.

Awalnya, satreskrim narkoba Polres Batang mendapat informasi akan ada sebuah transaksi narkoba. Kemudian petugas melakukan razia kendaraan bermotor roda empat di sepanjang jalan raya pantura tepatnya di depan Polsek Gringsing.

Dalam razia tersebut, sebuah bus Safari jurusan Jakarta-Surabaya kemudian dihentikan petugas. Saat petugas sedang memeriksa para penumpang bus, terlihat ada salah satu penumpang yang terlihat gugup, lalu dengan terburu-buru turun dari bus dan melarikan diri.

Petugas yang curiga, lantas mengejar penumpang tersebut dan berhasil ditangkap. Saat ditangkap, ternyata setelah digeledah. Didalam tas ransel yang dibawanya ditemukan barang haram narkoba yang diduga jenis sabu-sabu sebanyak 6 paket.

Akhirnya, oleh petugas penumpang tersebut diamankan di kantor polsek setempat yang kemudian digelandang ke Mapolres Batang guna penyelidikan lebih lanjut.

Kapolres AKBP Joko Setiono SIK SH mengatakan dalam proses penyelidikan tersebut juga melibatkan Jajaran Reskrim Narkoba Polda Jateng. Dan, dibenarkan bahwa barang tersebut berupa sabu-sabu seberat 3 kilogram.

“Tersangka mendapatkan barang narkoba jenis sabu-sabu ini dari seseorang di Jakarta. Menurut pengakuan tersangka barang tersebut, rencananya akan di bawa ke Surabaya,” kata Kapolres Batang kepada sejumlah wartawan, kemarin.

Lanjut Kapolres, dari penyelidikan yang dilakukan petugas bahwa tersangka ini membawa paket sabu sebanyak itu, sengaja di kendalikan oleh seseorang yang berada di Lapas Porong Sidoarjo Jawa Timur.

“Sebenarnya siapa orang yang mengendalikan tersebut, namun anggota kami bekerjasama dengan jajaran Reskrim Narkoba Polda Jateng saat ini tengah berada di sana (Jawa Timur-Red) untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut,” terangnya.

Beliau menambahkan, atas penemuan tersebut selain narkoba jenis sabu-sabu seberat 3 Kg petugas juga mengamankan beberapa barang lain yakni satu kardus susu Frisian Flag isi 2 (dua) plastik klip sabu, 1(satu) kardus sepatu merk Bata isi 4 (empat) plastik klip sabu, satu tas warna hijau yang terbuat dari kertas, satu tas warna hitam dengan merk Carboni.

Uang tunai Rp.550.000,-(lima ratus lima puluh ribu rupiah) yang terdiri dari 11(sebelas) lembar uang kertas lima puluh ribuan, satu hp Samsung warna putih dengan nomor perdana 081977313279, 1 hp merk Samsung warna hitam dengan nomor perdana 081284830616, serta tiga buah masker kain warna abu-abu untuk dijadikan sebagai barang bukti.

“Atas kasus tersebut, tersangka terancam Pasal 111 ayat 2 dan Pasal 114 ayat 2 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman penjara seumur hidup atau hukuman mati,” tandas Kapolres. (BJ019)