Home Kesehatan Bau Mulut Saat Puasa? Begini Cara Mengatasinya

Bau Mulut Saat Puasa? Begini Cara Mengatasinya

694
Ilustrasi

JAKARTA, 12/6 (BeritaJateng.net) – Ketika berpuasa, seseorang akan lebih mudah mengalami bau mulut. Bagaimana cara mengatasinya?

Pendiri Oktri Manessa Dental Clinic (OMDC), drg. Oktri Manessa, menuturkan bau mulut terjadi karena tidak adanya asupan makanan dan minuman yang masuk sehingga kadar air liur menurun, sehingga membuat mulut menjadi kering atau dikenal dengan istilah Xerostomia ringan.

Tanpa air liur, kuman dan sisa makanan akan terfermentasi yang menimbulkan bau tidak sedap dikenal dengan istilah Halitosis.

“Bau napas tak sedap biasanya membuat seseorang menjadi merasa tidak percaya diri dan enggan untuk membuka mulutnya di depan umum,” tuturnya.

Untuk mengatasi masalah bau mulut saat berpuasa, maka seseorang perlu menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan cara menyikat gigi. Selain itu, dilanjutkan dengan berkumur menggunakan antiseptic mouthwash dua kali sehari, setelah sahur dan sebelum tidur malam.

“Menyikat gigi penting untuk memastikan tidak ada sisa makanan yang tertinggal, sedangkan berkumur menggunakan mouthwash akan memastikan bahwa seluruh rongga mulut bersih dari kuman penyebab plak dan napas kurang sedap,” imbuhnya. (Bj)

Advertisements