Home Nasional Basarnas Perluas Pencarian AirAisa di 13 Titik

Basarnas Perluas Pencarian AirAisa di 13 Titik

Jakarta, 30/12 (Beritajateng.net) – Badan SAR Nasional (Basarnas) memperluas area pencarian pesawat AirAsia QZ 8501 menjadi 13 titik.

“Setelah kita evaluasi kita perluas menjadi 13 area pencarian,” kata Kepala Basarnas Marsekal Madya FHB Soelistyo di Jakarta, Selasa.

Sebelumnya, pada hari pertama pesawat airbus dengan rute Surabaya-Singapura tersebut hilang kontak pada Minggu (28/12), pencariannya dilakukan di empat titik, dan pada hari kedua menjadi tujuh titik.

“Kekuatan yang terlibat sama dengan kemarin, hanya ada tambahan kapal dan pesawat dari TNI AD dan Polri termasuk satu kapal dari institusi survei,” kata Soelistyo.

Basarnas mendapatkan informasi baru terkait dengan pesawat AirAsia, bahwa ada dua nelayan yang melihat, dan ada seorang nelayan lainnya yang mendengar dentuman.

“Ini kita tindaklanjuti dan menjadi salah satu bagian dari konsern kita untuk mencari,” katanya.

Pesawat Air Asia dengan nomor penerbangan QZ 8501 membawa 155 orang penumpang berangkat dari Bandara Juanda Surabaya pada Minggu, pukul 05.12 WIB, dan hilang kontak di perairan Pulau Belitung dengan titik koordinat 03.22.46 LS dan 108.50.07 BT.

Berdasarkan penjelasan BMKG, di sepanjang rute yang dilalui Pesawat AirAsia yang hilang kontak tersebut terdapat awan tebal berjenis cumulonimbus.

Pesawat membawa sebanyak 155 orang penumpang yang terdiri atas 138 orang dewasa, 16 orang anak-anak dan satu orang balita.

Di dalam pesawat terdapat warga negara asing dan awak kabin dari Singapura, Inggris, Malaysia, Prancis masing-masing satu orang dan warga Korea Selatan tiga orang. (Ant/BJ)

Advertisements