Home Headline Basarnas Hentikan Pencarian Pendaki yang Tersesat

Basarnas Hentikan Pencarian Pendaki yang Tersesat

LOGO BASARNAS

Temanggung, 8/4 (BeritaJateng.net) – Pencarian Zaenuri Ahmad (22) pendaki yang tersesat di Gunung Sindoro, Temanggung Jawa Tengah yang sudah dilakukan selama sepekan dan skala besar besaran, Rabu (8/4) dihentikan. Selanjutnya selama sepekan kemudian akan dilakukan pencarian dengan skala kecil yang dilakukan oleh tim SAR dan masyarakat setempat.

Demikian disampaikan Kepala Kantor SAR Semarang Agus Haryono di Pos Pendakian Kecamatan Kledung, Temanggung, Rabu sore. Menurut Agus sesuai dengan sop (Standar Operasional Prosedur)  Basarnas pencarian  selama 7 hari  akan dievaluasi. 

“Tapi belum kita hentikan dalam arti  berhenti kita cari. Karena habis ini akan ada  tim lokal yang akan mencari. Sementara  kita akan ke tahap monitoring dan penurunan skala tim yang dilibatkan pencarian,” papar Agus. 

Masih kata Agus, Tim yang selama sepekan ini kita tarik, akan ganti tim lokal  yang akan berdatangan kemudian koordinasi dengan posko kendali SMC (SAR Mission Coordinato) di Pos Kledung ini. Semoga pencarian akan dilakukan semaksimal mungkin, sampai korban ditemukan. Atau sampai dengan keluarga korban mengiklaskan.

Bagaimanapun, lanjut Agus, pencarian harus ada batasnya. Tim – tim relawan yang melakukan pencarian akan  kita pantau, kita lihat perkembangannya lalu kalau memang diperlukan akan kita suport lagi.

Pencarian yang dilakukan difokuskan di tebing tebing dan jurang jurang untuk memastikan keberadaan korban. (BJ14)