Home News Update Bantul Serahkan 603.983 PBB Pedesaan-Perkotaan

Bantul Serahkan 603.983 PBB Pedesaan-Perkotaan

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Bantul, 10/3 (BeritaJateng.net) – Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyerahkan sebanyak 603.983 lembar Surat Pemberitahuan Pajak Terutang Pajak Bumi dan Bangunan sektor Perdesaan dan Perkotaan 2015 kepada seluruh lurah dan camat wilayah ini.

Penyerahan SPPT PBB P2 2015 ini diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Bantul kepada Lurah Tirtohargo, Lurah Mangunan dan Lurah Triwidadi, sebagai perwakilan lurah se-Bantul di Pendopo Parasamya Bantul, Selasa.

“Dengan telah diserahkan SPPT PBB P2 secara simbolis ini besar harapan kami pada akhir Maret seluruh SPPT telah disampaikan ke semua masyarakat Bantul,” kata Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Bantul, Didik Warsito.

Dengan demikian, kata dia, wajib pajak segera dapat melaksanakan kewajibannya dalam melakukan pembayaran PBB demi terwujudnya optimalisasi pendapatan asli daerah (PAD) di sektor tersebut dan kelangsungan pembangunan di Bantul.

Menurut dia, sesuai dengan UU Nomor 28 Tahun 2009, Peraturan Daerah (Perda) Nomor 18 Tahun 2011, Pemkab Bantul telah mengelola PBB P2 sejak 2013 dengan segala kelebihan dan kekuranganya, sehingga tahun ini merupakan tahun ketiga dalam pengelolaannya.

“Kami terus berusaha untuk selalu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan kerja sama yang baik dari para camat, lurah dan dukuh se Bantul,” kata Didik.

Ia mengatakan dengan diserahkan SPPT agar masyarakat Bantul pada umumnya dan pihak terkait pada khususnya mengetahui bahwa Maret sebagai bulan penyampaian SPPT tahunan, sehingga dapat memberikan kontribusi dalam pengelolaan PBB sesuai kompetensi.

“Ini bukan sekadar seremonial belaka tetapi syarat makna yang di antaranya memberikan kesadaran atas tanggung jawab dalam pengelolaan PBB termasuk didalamnya memberikan pelayanan yang lebih baik,” katanya.

Kemudian, kata dia, sebagai sarana konsolidasi seluruh pihak terkait, baik dari tingkat desa, kecamatan maupun kabupaten untuk bersatu padu memberikan kontribusi sesuai tugas masing-masing serta tindak lanjut sosialisasi penyerahan SPPT PBB P2. (ant/BJ)