Home News Update Bangunan Cagar Budaya di Semarang Terancam Rob

Bangunan Cagar Budaya di Semarang Terancam Rob

budayawan

Semarang, 15/4 (BeritaJateng.net) – Bangunan-bangunan cagar budaya di kota Semarang terancam rob dan banjir. Hal itu diungkapkan salah seorang anggota Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) dan juga akademisi Unika Soegijapranata, Tjahjono Rahardjo di Lawang Sewu Semarang, Rabu.

Menurutnya, banyak bangunan kuno yang memang lokasinya kini menjadi langganan rob dan banjir. Karena itu, kelestariannya terancam.

“Ada sebuah bangunan yang hampir setiap hari lantainya tergenang. Jika air masuk ke bagian dalam dinding kemudian membuat korosi besi-besi penyangganya, maka itu membahayakan,” jelasnya.

Maka, lanjutnya, upaya penanggulangan rob dan banjir, sangat berkaitan dengan penyelamatan bangunan-bangunan tua tersebut.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, saat ini TACB tengah mengajukan beberapa bangunan tua sebagai cagar budaya. Menurutnya, ada sekitar sepuluh bangunan baru yang diharap bisa segera ditetapkan oleh Wali Kota. Penetapannya sebagai cagar budaya diharap bisa menyelamatkannya dari kerusakan.

Meski begitu, dia mengakui masih ada beberapa pemilik bangunan yang enggan tempatnya ditetapkan jadi cagar budaya. Mereka rata-rata beralasan, jika ditetapkan sebagai cagar budaya, akan kesulitan untuk menjualnya.

“Mereka siap membantu pelestarian Kota Lama dan bangunan-bangunan kolonial lainnya. Dalam waktu dekat, kami harap bakal dilakukan MoU baik dengan Pemprov Jateng maupun Pemkot Semarang,” terangnya. (Bj05)