Bandara Ahmad Yani Semarang Siapkan Langkah Sambut Natal dan Tahun Baru

Semarang, 17/12 (BeritaJateng.net) – Sebagai pintu masuk jalur penerbangan di wilayah Jawa Tengah khususnya Kota Semarang, PT Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang melakukan berbagai persiapan dalam rangka persiapan pelayanan untuk pengguna jasa bandara pada libur Natal tahun 2022 dan Tahun Baru 2023.

Sebagai upaya memastikan keamanan dan kenyamanan para pengguna jasa, kegiatan yang dilaksanakan adalah Second Party Audit, Airport Rescue & Fire Fighting Challenge, Random cheking, Inspeksi bersama perwakilan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan Posko Terpadu Angkutan Udara Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Stakeholder Relation Manager Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Heri Trisno Wibowo menyampaikan, “PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang melaksanakan berbagai persiapan untuk menyambut libur Natal tahun 2022 dan Tahun Baru 2023. Rangkaian kegiatan ini kami laksanakan sebagai upaya untuk memberikan pelayanan prima kepada para pengguna jasa dalam hal keamanan dan juga kenyamanan saat bepergian melalui bandara,” ujar Heri.

Rangkaian kegiatan persiapan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 yang dilaksanakan di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang adalah sebagai berikut:
1. Second Party Audit atau Audit Pihak Kedua
Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 5 s.d. 13 Desember 2022. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya oleh manajemen pada penyedia produk dan layanan yang beroperasi di bandara dengan tujuan memastikan standar pengelolaan diterapkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

2. Airport Rescue & Fire Fighting Challenge
Sebagai upaya memastikan performance petugas Airport Rescue & Fire Fighting (ARFF), pada tanggal 13 Desember 2022 telah dilaksanakan latihan bersama petugas ARFF dengan petugas PKP-PK LANUMAD Ahmad Yani Semarang.

3. Untuk memastikan kesiapan fasilitas sisi udara dan sisi darat menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, telah dilaksanakan inspeksi bersama dengan tim dari kementerian perhubungan Republik Indonesia pada tanggal 13 dan 14 Desember 2022 dengan pengecekan Landasan, Taxiway, Apron, manajemen keselamatan Apron, Airfield Lighting System dan Terminal.

4. Airport security dan personel Lanumad melaksanakan langkah langkah Peningkatan kewaspadaan salah satunya dengan melakukan pemeriksaan kendaraan di titik masuk menuju Bandara. Sebagai upaya pencegahan terhadap kejadian yang tidak diinginkan dan dilakukan setiap hari secara acak dalam upaya memastikan tersedianya pelayanan yang aman dan nyaman bagi pengguna jasa.

5. Posko Terpadu Natal 2022 dan Tahun Baru 2023
Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 19 Desember 2022 hingga 4 Januari 2023 dengan melibatkan para stakeholder terkait untuk memantau trafik pergerakan angkatan udara (pesawat, penumpang dan kargo), memantau operasional keselamatan penerbangan dan keamanan bandara. (Ak/El)

Leave a Reply