Home Headline Bambang Pacul Minta Kader PDI Perjuangan Hormati Mekanisme Pencalonan Kepala Daerah

Bambang Pacul Minta Kader PDI Perjuangan Hormati Mekanisme Pencalonan Kepala Daerah

718

SEMARANG, 27/4 (Beritajateng.net) – Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah Bambang Wuryanto minta kader PDIP untuk menghormati mekanisme pencalonan kepala daerah yang berlaku di partai berlambang moncong putih tersebut. Bambang yakin setiap kader apalagi pengurua partai pasti paham dengan mekanisme dimaksud.

Pernyataan tersebut disampaikan politisi yang akrab disapa Bambang Pacul ini menanggapi deklarasi dukungan pengurus DPC PDI Perjuangan Kudus kepada Ketua DPC Musthofa sebagai bakal calon Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018 mendatang.

“Kalau ada orang punya keinginan mencalonkan diri mestinya paham mekanisme, bahwa sebagai ketua partai sebaiknya mengikuti mekanisme organisasi untuk terjadi tertib organisasi,” katanya, Kamis (27/4).

Ia menilai, Pilgub Jateng masih terlalu jauh karena baru akan digelar Juni 2018 mendatang. Meskipun, Bambang menegaskan, tak ada larangan bagi siapapun untuk mendeklarasikan diri untuk maju sebagai bakal calon.

“Apakah ada larangan, saya pastikan tidak ada larangan orang untuk mencalonkan. Tapi rekomendasi itu diterbitkan oleh DPP melalui mekanisme dari DPC, DPD. Maka agar tertib organisasi sebaiknya orang-orang  partai atau kader kalau punya keinginan sebaiknya melalui mekanisme organisasi,” jelasnya.

Menurutnya, jika tiap DPC melakukan deklarasi maka akan berdampak buruk pada organisasi partai. Misalnya, Kudus mencalonkan Musthofa, Pemalang mencalonkan Junaidi, Sukoharjo mencalonkan Wardoyo Wijaya (Bupati Sukoharjo), Kota Semarang mencalonkan Hendrar Prihadi (Hendi) Wali Kota Semarang, dan seterusnya.

“Lha partaine dadi amburadul. Intinya semua kader partai yang punya keinginan untuk mencalonkan sebagai Gubernur maupun Wakil Gubernur Jateng sebaiknya mengikuti mekanisme organisasi,” ungkapnya.

“Jadi dukung mendukung itu individual, tidak bisa atas nama partai, yang atas nama partai itu ketika sudah direkomendasi. PDIP mencalokan Petruk misalnya, maka semua kader harus mendukung Petruk,” sambungnya.

Adapun mekanisme yang dimaksud, lanjut Bambang, yaitu diawali dengan pendaftaran bakal calon di DPD PDIP Jateng, selanjutnya akan mengikuti proses mulai wawancara dan seterusnya. Sampai nantinya diserahkan ke DPP untuk dikeluarkan rekomendasi dari Ketua Umum. Namun ia tak menjelaskan kapan pendaftaran akan dimulai.

“Di PDIP kan harus mendaftar. Seperti dulu Ganjar mendaftar di partai, Rustriningsih (mantan Wagub Jateng) mendaftar di partai, kemudian Ganjar juga diikuti oleh ratusan orang kan boleh saja ketika mendaftar di DPD,” katanya.

Ia juga menegaskan, pihaknya akan menginformasikan tahapan mekanisme pendaftaran calon pada setiap pengurus, kader partai, sampai sayap partai, jika nantinya prosesnya akan dimulai.

“Saya pastikan semua pengurus organisasi di semua tingkatan dan sayap partai akan terinformasi dengan baik. Jadi tidak ada sembunyi-sembunyi,” ujarnya.

(NK)