Home Headline Bambang Pacul: Anggota FPDIP Harus Sadar Posisi

Bambang Pacul: Anggota FPDIP Harus Sadar Posisi

246

SEMARANG, 23/5 (Beritajateng.net) – DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah sore tadi menyelenggarakan orientasi bagi Caleg DPRD Jateng terpilih hasil Pemilu 2019. Orientasi ini dimaksudkan agar Anggota DPRD dari Fraksi PDI Perjuangan sadar posisi baik sebagai anggota masyarakat, anggota dewan maupun sebagai petugas partai.

“Anggota dewan harus sadar posisi. Bagaimana dia berperan sebagai anggota masyarakat yang cenderung liberal seperti saat ini. Bagaimana juga ketika bertugas sebagai anggota dewan serta menjadi petugas partai,” ungkap Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng Bambang Wuryanto di Sekretariat DPD PDI Perjuangan Jateng Panti Marhen Jl. Brigjend Sudiarto Semarang, Kamis (23/5).

Pria yang akrab disapa Bambang Pacul ini menjelaskan, anggota dewan harus paham dan menguasai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dibidang legislasi, budgeting dan pengawasan.

“Sebagai anggota dewan harus dilengkapi dengan kompetensi. Oleh karena itu harus mau belajar,” katanya.

Sedangkan sebagai petugas partai, lanjut Pacul, anggota dewan harus memahami ideologi dan kultur partai.

“Mereka ini sebagai alat perjuangan partai,” tegasnya.

Orientasi caleg jadi yang akan dilantik sebagai anggota dewan pada bulan September 2019 ini dilatarbelakangi adanya pengalaman periode periode sebelumnya dimana banyak anggota dewan yang gagap selama bertugas.

“Kita tahu periode periode yang lalu banyak anggota dewan yang akhirnya berguguran karena berbagai masalah terutama masalah hukum. Hal seperti ini yang tidak kita inginkan terjadi lagi,” bebernya.

Orientasi terhadap caleg terpilih yang dilakukan oleh DPD PDI Perjuangan Jateng diklaim sebagai yang pertama dilakukan. Oleh karena itu Bambang Pacul mengharapkan partai lain melakukan hal yang sama agar semua anggota dewan sadar posisi.

“Kalau semua anggota dewan sadar posisi kan jadi sehat dan benar. Rembugan juga jadi enak,” pungkasnya.

(NK)