Home Lintas Jateng Balapan Liar, Polisi Amankan 10 Sepeda Motor

Balapan Liar, Polisi Amankan 10 Sepeda Motor

ilustrasi/beritajateng.net dok

image

Purbalingga, 5/7 (BeritaJateng.net)  – Arena balapan liar di Jalan S Parman digerebek aparat Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Purbalingga, Minggu (5/7)  pagi dini hari. Polisi mengamankan 10 sepeda motor yang digunakan untuk balap liar.

Operasi dilakukan tengah malam hingga menjelang sahur. Para pemuda yang berada di lokasi, baik itu yang menjadi joki balap liar maupun menonton, kocar-kacir saat mengetahui petugas datang. Sebagian dari mereka bahkan meninggalkan motornya.  Petugas sempat melakukan pengejaran beberapa pebalap liar.
 
Polisi berhasil menjaring 10 motor yang tidak sesuai standar dalam operasi itu. Masing-masing tiga unit di jalan depan SD Galor 2 dan tujuh di Jalan S Parman. Sepeda motor tersebut kemudian diangkut menggunakan mobil patroli dan dibawa ke kantor Satlantas Polres Purbalingga.

Kasat Lantas Polres Purbalingga AKP Sudarsono mengatakan operasi itu dilakukan karena aksi balap liar sudah meresahkan masyarakat. Terlebih lagi dilakukan saat bulan puasa. Dua lokasi tersebut merupakan tempat paling sering digunakan untuk balap liar.  Pasalnya jalan itu lurus dan panjang.

Sepeda motor yang terjaring tersebut akan diidentifikasi apakah memiliki kelengkapan surat-suratnya atau tidak.  Untuk pengambilan motor harus di sertakan BPKB kendaraan/ fotocopy BPKB beserta surat keterangan dari leasing atau bank apabila BPKB sebagai jaminan kredit. Itu pun pemiliknya harus membuat pernyataan tertulis untuk tidak melakukan balap liar lagi. Tapi motor itu untuk sementara ditahan dulu kisaran sebulan agar pemiliknya tidak langsung memakainya untuk aksi yang sama. 

“Kalau ternyata motor itu tidak memiliki surat-surat kelengkapan alias bodong,  kami akan menyerahkan ke Satreskrim untuk diselidiki lebih lanjut. Siapa tahu salah satu dari motor itu merupakan barang curian,” tegasnya. (BJ33)