Home Lintas Jateng Bakal Calon Bupati Blora Mulai Blusukan

Bakal Calon Bupati Blora Mulai Blusukan

image

Blora, 27/4 (Beritajateng.net)- Para calon bupati mulai gencar lakukan pendekatan pada warga. Seperti halnya yang dilakukan Maulana Kusnanto, Wakil ketua DPRD yang juga bakal calon bupati dari partai Golkar tersebut mendatangi acara sedekah bumi yang digelar warga Dukuh Peting, Desa Kutukan, Kecamatan Randublatung, Senin (27/4).

Kehadiran Kusnanto di acara tersebut menjadi pembeda sedekah bumi yang digelar setiap tahun dengan dimeriahkan pentas seni barongan, reog dan wayang krucil. Maulana Kusnanto disambut warga dengan kemeriahan. Bahkan bakal calon bupati dari Partai Golkar tersebut dipersilahkan menaiki reog.

“Sedekah bumi atau gas deso sudah menjadi adat dan tradisi yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat, khususnya petani Blora. Hal itu dikandung banyak makna. Selain ucapan syukur kepada Tuhan atas panen yang diperoleh, sejatinya gas deso juga memupuk semangat gotong royong dan mengingatkan orang yang memiliki rejeki untuk bersedekah,” kata Kusnanto.

Menurutnya, di beberapa wilayah saat sedekah bumi sering mengundang tetangga desa untuk diajak makan bersama. Bahkan, jajanan tradisi seperti bugis, pasung, dumbeg juga disuguhkan. “Ini salah satu bentuk ikatan sosial dan emosional yang sangat bagus,” ujarnya.

Kedatangan Kusnanto, menurut warga setempat, mampu memberikan sugesti dan simpati. Sebab apa yang disampaikan selaras dengan yang diinginkan oleh warga desa dan petani. “Cara pidato Pak Kusnanto dan yang disampaikannya sesuai dengan yang diharapakan petani. Semoga itu bisa terwujud, terutama membangun jalan dari dukuh ke desa,” kata Sunar, salah seorang warga Peting.

Diyakininya, tidak sembarang tamu atau pejabat yang datang disunggi oleh seniman gemblak. “Hanya orang tertentu dan orang yang diyakini mampu memberikan pengaruh dan bisa menjadi pengayom rakyat. Para seniman gemblak memiliki insting saat sudah pentas diiringi gamelan,” kata Sunar. (BJ31)