Home Lintas Jateng Awas! Jalur Kereta Api Daop V Sering Terjadi Sabotase

Awas! Jalur Kereta Api Daop V Sering Terjadi Sabotase

image
Kaca gerbong kereta yang pecah akibat dilempar batu

Cilacap, 28/6 (Beritajateng.net)  – Aksi sabotase berupa pelemparan batu terhadap kereta kerap terjadi di wilayah PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Daerah Operasi (Daop) V Purwokerto (Jateng). Meski tidak menimbulkan korban jiwa, namun aksi tersebut mengakibatkan banyak penumpang terluka.
           
Vice President PT KAI Daop V Purwokerto Safrudiansyah mengatakan, dalam satu minggu terakhir sudah terjadi aksi pelemparan sebanyak enam kali. Meski tidak menimbulkan korban jiwa, namun pelemparan tersebut mengakibatkan banyak penumpang terluka. “Pelemparan kemungkinan dilakukan oleh anak-anak. Mungkin karena iseng karena tidak ada motif apa-apa. Terlebih saat ini moment liburan sekolah,” kata Safrudiansyah, Minggu (28/6).
           
Selain aksi pelemparan batu, sabotase lain yang terjadi di Daop V adalah meletakkan batu besar berukuran panjang 45 cm, lebar 26 cm dan berat empat kilogram di atas bantalan rel. Sabotase tersebut kerap terjadi di wilayah Doplang, Adipala, Cilacap.
           
“Batu sebesar itu bisa mengakibatkan kereta terguling. Kami antisipasinya dengan menerjunkan petugas pemeriksa jalur KA satu petugas delapan kilometer per hari,” ujarnya.
           
Petugas pemeriksa jalur KA tersebut secara rutin diterjunkan sesuai jadwal. Namun karena para pelaku sabotase sudah tahu jadwal pemeriksa rel KA maka pemeriksaan dilakukan secara mendadak setiap harinya. (BJ33)