Home Hukum dan Kriminal Awas! Curanmor Berkedok Membantu

Awas! Curanmor Berkedok Membantu

image

Kudus, 18/3 (Beritajateng.net)-Modus operandi pelaku pencurian sepeda motor (curanmor) memang bermacam-macam. Seperti pada kasus yang menimpa Dwi E Purwadi (41) warga Jalan Veteran II/ 15, Desa Leteh, Kecamatan/ Kabupaten Rembang, memang agak unik. Lelaki yang kesehariannya berwiraswasta ini, Kamis (19/2) lalu kehilangan sepeda motor miliknya Honda Beat warna hitam yang belum keluar plat nomornya.

Kronologisnya, setelah menempuh perjalanan dari Rembang korban berniat mengisi bahan bakar minyak (BBM) di SPBU Ngembal Kulon. Karena waktu itu jarum jam masih menunjuk angka 05.30 WIB, korban yang merasa kecapekan sengaja istirahat di halaman SPBU.Tidak lama kemudian, korban terbangun dan mendapati kunci kontak kendaraannya tidak ada.

Menyadari kunci kontaknya hilang, korban berusaha mencari baik di saku pakaiannya, tas, maupun disekitar lokasi tempatnya beristirahat. Namun upayanya tersebut tidak membuahkan hasil. Dalam keadaan kebingungan, datang seorang pemuda yang sebelumnya berada dekat kendaraan korban mengaku bernama Edi menawarkan jasa membantu mencari kontaknya yang hilang.Namun, upaya pemuda tersebut gagal.

Untuk mengatasi kesulitan tersebut, pemuda yang baru dikenalnya itu mengajak korban membawa motornya ke bengkel yang berada diseberang SPBU.”Ketika sedang menunggu proses perbaikan, korban pamit ke rumah saudaranya yang rumahnya berada dibelakang bengkel,” jelas Kapolres Kudus AKBP Bambang Murdoko didampingi Wakapolres Kompol Yunaldi dan Kapolsek Jati AKP M Khoirul Naim.

Ketika ditinggal ke rumah saudaranya itulah, lanjutnya, lelaki yang ternyata bernama Erfan Prakoso (27) asal Desa Karangrowo RT 03/ RW 02, Kecamatan Undaan Kudus membawa kabur motor korban. Kunci kontak motor korban ternyata tidak hilang, tetapi sengaja diambil pelaku saat korban tertidur.

Perbuatan tersebut terungkap ketika petugas menemukan sepeda motor pelaku Honda Spacy bernomor H 5078 NF yang diparkir didepan kios kosong tidak jauh dari tempat kejadian perkara (TKP). Sekitar pukul 10.30 WIB, pelaku datang mengambil motor yang ditinggalkan kemudian ditangkap petugas.

”Setelah dilakukan pemeriksaan, lelaki itu mengakui perbuatannya mencuri motor korban. Sebelumnya, kunci kontak sengaja dia ambil lalu gantungan kuncinya dibuang tidak jauh dari motor pelaku diparkir,” imbuhnya.

Sebelum kembali ke TKP untuk mengambil sepeda motor miliknya, masih kata Kapolsek, motor hasil kejahatan diparkir didepan kios tertutup dekat SPBU Tanggulangin di Desa Jati Wetan, Kecamatan Jati Kudus. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka dijerat pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman 5 tahun pidana. (BJ12)