Home News Update Atap Kelas Bolong, Siswa SD Tetap Antusias Ikuti Lomba Kenal Wayang

Atap Kelas Bolong, Siswa SD Tetap Antusias Ikuti Lomba Kenal Wayang

Meskipun atap plafon sekolah bolong dan ada kemungkinan untuk roboh namun siswa tetap antusias melakukan aktifitas pembelajaran.

Kendal, 22/4 (BeritaJateng.net) – Masih dalam nuansa peringatan hari Kartini, sekitar 20 siswa di SDN 02 Puguh, Kendal merayakannya dengan mengikuti lomba kenal Wayang. Meski kondisi kelas atapnya bolong, tidak menyurutkan keinginan siswa untuk tetap mengikuti lomba. Lomba kenal Wayang sendiri dibagi dalam satu tim yang terdiri dari 3 siswa baik putra maupun putri.

Anisa Kusuma Wahdati, selaku guru kelas di SDN 02 Puguh menjelaskan bahwa lomba kenal Wayang meliputi materi sejarah dan tokoh-tokoh wayang, seperti Arjuna, Sadewa, Sengkuni, dll.

Selain itu para siswa juga diarahkan untuk mengikuti tes tertulis sebanyak 100 soal serta tes tanya jawab baik tes lisan secara acak yang diperebutkan untuk bersaing pada tahap 10 besar.

Pihaknya bangga kepada siswanya, meski keadaan sekolah dan kelas di daerah Pegandon ini cukup memprihatinkan namun semangat mereka tetap menyala.

“Sebagai guru, saya sangat mengapresiasi kegiatan siswa ini. Semoga peringatan Hari Kartini bisa lebih menanamkan nilai budaya, khususnya budaya Jawa bagi para siswa,” jelas Wahdati.

Sementara itu, salah satu siswa kelas 2, Ahmad mengaku sangat tertantang mengikuti lomba kenal Wayang. Baginya, lomba kenal Wayang baru diadakan di sekolahnya. “Merasa tertantang dan lebih mengenal tokoh wayang, selama ini hanya melihat di buku. Sekarang bisa mempraktikannya secara langsung,” ujar Ahmad dengan senyumannya.

**Penulis adalah Guru Kelas SDN 02 Puguh Kendal, Anisa Kusuma Wahdati.