Home Ekbis Asyik, Disperindag Jateng Fasilitasi Pelaku Industri Kreatif

Asyik, Disperindag Jateng Fasilitasi Pelaku Industri Kreatif

image
Ilustrasi

Semarang, 25/11 (Beritajateng.net) – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Tengah memfasilitasi pelaku industri kreatif melalui pengadaan pusat pelatihan Incubator Bussiness Center yang berada di daerah Sampangan Semarang.

“Penyediaan fasilitas ini perlu dilakukan untuk mempermudah masyarakat yang memang berminat melakukan usaha di bidang industri kreatif,” ujar Kepala Disperindag Jateng Edison P Ambarura di Semarang, Selasa.

Menurut dia, di pusat pelatihan tersebut para calon pengusaha terutama anak mudah bisa terus berlatih dan mengembangkan kreativitas mereka.

Beberapa pelatihan yang bisa mereka ikuti di antaranya membuat film animasi, membuat game, dan meningkatkan kemampuan mereka untuk menguasai program-program pada komputer.

Menurut dia, di pusat pelatihan tersebut para pelaku usaha yang sudah lebih dulu berkecimpung di industri kreatif bisa berbagi keahlian dan ilmu kepada para peserta.

“Mereka yang sebelumnya sudah menuntut ilmu terkait industri kreatif ini sampai keluar negeri bisa membagi ilmu sekaligus mengaplikasikan kemampuannya di bidang ini,” jelasnya.

Edison mengatakan, sebagian karya mereka sudah ada yang dipesan oleh sejumlah pihak baik dari dalam maupun luar negeri.

Pihaknya berharap sektor industri tersebut bisa terus tumbuh mengingat memajukan industri kreatif merupakan salah satu visi misi yang diusung oleh Presiden Joko Widodo untuk mendongkrak sektor ekonomi Indonesia.

Sementara itu, mengenai keberadaan Incubator Bussiness Center tersebut, belum lama ini Pemprov Jateng memperoleh bantuan dari Pemerintah pusat sebesar Rp1,2 miliar dan 40 komputer.

“Fasilitas komputer ini untuk mempermudah aktivitas para peserta, harapan kami mereka memanfaatkan sebaik-baiknya,” jelasnya.(ant/pj)