Home Lintas Jateng Asyik!! Bus Tingkat Diuji Coba, Rencana September Diluncurkan

Asyik!! Bus Tingkat Diuji Coba, Rencana September Diluncurkan

300
0
Dilakukan ujicoba bus tingkat "Yuk Muter-muter Semarang" dengan mengitari destinasi wisata kota Semarang.

SEMARANG, 15/8 (BeritaJateng.net) – Untuk memberikan kenyamanan yang lebih bagi warga masyarakat dan wisatawan yang ingin berkunjung dan berwisata serta berkeliling menikmati destinasi di kota Semarang pemerintah kota semarang mulai menyiapkan moda transportasi berupa armada bus tingkat.

Seperti pada hari ini, Selasa (15/8) Dinas Perhubungan melakukan uji coba bus tingkat wisata tersebut yang berkeliling mulai dari museum Mandala Bhakti – Kawasan Tugumuda, Jalan Imam Bonjol – Kotalama-Stasiun Tawang – Gereja Blendug – Simpanglima – Jalan Pandanaran – Kampung pelangi di Jalan Soetomo – Kelenteng Sam Pho Kong, dan kembali ke museum Mandala Bhakti.

Armada bus baru ini, nantinya membawa wisatawan berkeliling kota dengan nyaman dan terhindar dari macet. Sedangkan didalamnya memiliki fasilitas terdiri atas 70 tempat duduk, juga dilengkapi kursi untuk penumpang yang berkebutuhan khusus. Bus dengan panjang sekitar 12 meter, tinggi 4,2 meter dan lebar 2,5 m ini dilengkapi dengan CCTV.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang, Khadik mengatakan, uji coba bus tingkat ini untuk mengetahui kekurangan dan kendala-kendala saat bus tingkat tersebut dioperasionalkan. Misalnya, halangan dari kabel-kabel listrik dan dahan pohon di jalan yang rendah, pihaknya akan rapikan. Lalu, untuk tempat parkir bus juga masih dipikirkan, sebab, seperti di kawasan kotalama nantinya akan dibangun pedestrian untuk pejalan kaki.

Suasana didalam bus tingkat.
Suasana didalam bus tingkat.

“Sehingga, nantinya jangan sampai menggangu pejalan kaki yang melintas. Selain itu, akan kami bicarakan lagi, untuk lokasi destinasi wisata yang akan dilalui dengan dinas pariwisata,” katanya.

Bus tingkat ini, lanjut dia, rencananya akan mulai dioperasionalkan pada September mendatang. Dan diharapkan, pada ujicoba selanjutnya atau saat dilounching dapat berjalan dengan baik.

Kabid Kelembagaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Semarang, Giarsito Sapto Putratmo mengatakan, tujuan dengan hadirnya bus tingkat pariwasata kota semarang ini bisa memenuhi antusiasme dari warga masyarakat dan wisatawan yang ingin berkeliling menikmati destinasi wisata yang ada. Untuk sementara, rute yang dilalui mengambil start dari museum mandala bhakti semarang, kemudian berkeliling ke destinasi wisata seperti Kotalama, Kampung pelangi, kelenteng Sam Pho Kong dan lainnya.

“Bus tingkat wisata gratis ini memang ditujukan untuk wisatawan yang ingin berwisata di kota semarang dengan nyaman dan juga mengurangi kemacetan di jalan,” pungkasnya. (El)