Home News Update Asuransi Nelayan Segera Direalisasikan

Asuransi Nelayan Segera Direalisasikan

image

Semarang, 17/3 (Beritajateng.net) – Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah mendukung segera direalisasikan pemberian asuransi untuk para nelayan seperti yang diusulkan kalangan DPRD sebagai upaya peningkatan kesejahteraan.

“Kami sangat mendukung realisasi pemberian asuransi bagi nelayan sebagai bentuk nyata kehadiran pemerintah dalam upaya mensejahterakan para nelayan,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah Lalu Muhammad Syafriadi di Semarang, Selasa (17/3).

Menurut dia, pemberian asuransi dapat memberikan banyak manfaat dan ketenangan bagi nelayan saat melaut karena jika terjadi sesuatu atau musibah, maka keluarga yang bersangkutan akan memperoleh santunan.

Ia menjelaskan bahwa untuk merealisasikan asuransi bagi nelayan itu harus melalui beberapa tahapan dan perlu pembicaraan lebih lanjut antara eksekutif dengan legislatif.

“Intinya, jika semua sudah sepakat, maka realisasi pemberian asuransi bagi nelayan dapat segera dilaksanakan, termasuk pengalokasian anggaran,” ujarnya.

Kalangan anggota DPRD Jawa Tengah mendesak pemerintah segera menyusun dan mengesahkan undang-undang tentang perlindungan serta pemberdayaan nelayan di Indonesia agar bisa menjadi payung hukum terkait dengan pemberian asuransi bagi kalangan nelayan.

“Di tingkat nasional belum regulasi yang menjadi payung hukum pemberian asuransi untuk nelayan sehingga perlu adanya UU Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan,” kata anggota Komisi B DPRD Jateng Riyono.

Ia mengungkapkan bahwa saat ini sudah ada Instruksi Presiden Nomor 15 Tahun 2011 tentang Perlindungan Nelayan, namun pada peraturan tersebut tidak mengatur mengenai masalah asuransi nelayan.

“Inpres itu hanya memerintahkan menteri hingga kepala daerah untuk mengaturnya dalam peraturan daerah,” ujar politikus Partai Keadilan Sejahtera itu.

Menurut dia, kalangan DPRD Jateng terus mendorong pemerintah terkait dengan realisasi asuransi untuk nelayan yang mencakup jaminan keselamatan dan jaminan kehidupan pada masa paceklik.

“Kami mendorong pemerintah segera merealisasikan asuransi untuk nelayan karena hal itu sangat penting sebab saat ini tidak ada yang melindungi hak-hak par nelayan,” katanya.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Jateng Ahmad Djoemali yang dihubungi terpisah mennyambut baik rencana pemberian asuransi bagi para nelayan, terutama untuk nelayan yang sudah tidak bisa melaut.

“Asuransi nelayan itu akan menjadi jaminan sosial yang diberikan pemerintah kepada kami sebagai bentuk upaya peningkatan kesejahteraan,” ujarnya.(ant/BJ)

Advertisements