Home Ekbis ASITA Berharap Pemerintah Subsidi Promo Kapal Pesiar

ASITA Berharap Pemerintah Subsidi Promo Kapal Pesiar

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Semarang, 25/2 (BeritaJateng.net) – Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Jawa Tengah berharap Pemerintah memberikan subsidi promo khusus kapal pesiar sehingga bisa meningkatkan kunjungan wisatawan asing yang masuk ke Jateng melalui jalur laut.

“Selama ini kalau ada kapal pesiar yang sandar melalui Pelabuhan Tanjung Emas jarang sekali ada yang menginap, ini menjadi PR bagi asosiasi maupun Pemerintah,” kata Ketua Asita Jawa Tengah Joko Suratno di Semarang, Rabu.

Menurutnya, dalam hal ini Pemerintah harus bersinergi dengan asosiasi dan mitra kerja untuk memberikan promo salah satunya paket menginap. Selanjutnya, kerja sama dengan operator perjalanan harus dilakukan untuk menawarkan paket tersebut.

“Kalau agen yang membuat promo kan tidak bisa karena harus melalui asosiasi dan Pemerintah, dengan demikian operator pasti akan dengan senang hati menawarkan ini. Misalnya saja paket menginap dua hari satu malam atau tiga hari dua malam,” katanya.

Dengan paket tersebut, diharapkan para wisatawan yang selama ini lebih banyak menginap di atas kapal bersedia untuk menginap di darat.

“Dalam hal ini, fasilitas penginapan untuk wisatawan asing khusus kapal pesiar ini minimal hotel bintang empat karena mereka pasti kebanyakan dari kalangan kaya,” katanya.

Sementara itu, mengenai destinasi wisata yang ditawarkan, pihaknya meyakini Jateng bukan merupakan provinsi yang miskin akan destinasi wisata menarik. Bahkan, dipastikan masih banyak destinasi wisata lain yang tidak kalah menarik dibandingkan Candi Borobudur.

“Jadi operator perjalanan akhirnya enggan untuk menginap di Semarang bukan karena minimnya destinasi wisata tetapi karena kurang ada terobosan dari Pemerintah, asosiasi, dan mitra kerja,” katanya.

Oleh karena itu, promo khusus wisatawan kapal pesiar diperlukan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan asing agar bersedia menginap di Jateng. (ant/BJ)