Home Headline As Roma Kembali Gagal Raih Poin Penuh

As Roma Kembali Gagal Raih Poin Penuh

image

Milan, 23/2 (Beritajateng.net) – Harapan AS Roma untuk meraih gelar semakin terperosok pada Minggu, setelah mereka harus menelan hasil imbang untuk keenam kalinya di Liga Italia dari tujuh pertandingan, sehingga Juventus unggul sembilan angka di puncak klasemen.

Lawatan Roma ke Verona berakhir dengan skor imbang 1-1, meski kapten Francesco Totti membawa mereka memimpin pada babak pertama melalui golnya yang ke-240 di liga.

Di tempat lain, AC Milan kembali ke jalur kemenangan melalui kemenangan 2-0 atas tamunya Cesena, sedangkan Lazio naik ke posisi keempat berkat gol penentu kemenangan Antonio Candreva pada babak kedua saat mereka menang 2-1 dari Palermo.

Sepasang gol Massimo Maccarone, satu gol pada tiap-tiap babak, membantu Empoli menang 3-0 atas tamunya Chievo, sedangkan pertandingan Parma melawan Udinese dibatalkan karena tuan rumah mengalami masalah keuangan dan berada di ambang kebangkrutan, di mana mereka tidak mampu membayar jasa petugas keamanan di stadion.

Pada pertandingan Minggu malam, gelandang pinjaman dari Chelsea Mohamed tampil sebagai pemain pengganti untuk membawa Fiorentina memimpin atas Torino pada menit ke-85, namun tim tamu mampu menyamakan kedudukan dua menit kemudian ketika Giuseppe Vives memanfaatkan kesalahan di lini belakang untuk menembakan bola melewati Ciprian Tatarusanu dari sudut sempit.

Sang juara bertahan Juventus sempat unggul sepuluh angka atas Roma pada Jumat, ketika mereka menang 2-1 atas Atalanta yang memberi suntikan moral kepada Tim Putih-Hitam menjelang pertandingan putaran 16 besar Liga Champions melawan Borussia Dortmund yang akan dimainkan Selasa mendatang.

Hal itu membuat Roma berada di bawah tekanan pada apa yang akan selalu menjadi pertandingan berat di markas Verona Stadion Bentegodi, dan meski tim tamu memperlihatkan permainan yang menghibur, pasukan Rudi Garcia tetap kesulitan untuk mencetak gol kemenangan.

“Kami menciptakan peluang demi peluang yang akan disia-siakan,” kata Garcia kepada Sky Sport setelah pertandingan.

“Selain upaya-upaya Ljajic untuk mencetak gol, Nainggolan nyaris mendapatkannya pada menit-menit pembukaan. Jika kami mampu mendapatkannya, kami dapat tampil lebih nyaman pada akhir babak pertama.” Radja Nainggolan memaksa Francesco Benussi menjatuhkan diri ke sisi kanannya untuk memblok sepakannya dari luar kotak penalti pada sepuluh menit pembukaan, dan Adem Ljajic kemudian melepaskan tembakan yang mengarah lurus ke sang kiper dari tendangan bebas mendatar Miralem Pjanic.

Totti, yang kembali dimainkan setelah sempat absen karena sakit flu, terlihat berada di bawah permainan terbaiknya pada fase awal pertandingan.

Namun ia memperbaiki permainannya dengan melepaskan tembakan dari jarak 30 meter, yang gagal diantisipasi Benussi di tiang dekatnya pada menit ke-26.

Nyaris sepuluh menit kemudian Verona menyamakan kedudukan, ketika Boskos Jankovic melompat tinggi mengungguli bek Alessandro Florenzi, untuk menyambut tendangan sudut dengan tandukan yang melewati sela-sela kaki Seydou Keita sebelum masuk ke gawang Morgan De Sanctis.

Florenzi harus meninggalkan lapangan beberapa saat kemudian akibat mengalami cedera dan digantikan bek asal Yunani Vasilis Torosidis, sedangkan Ljajic gagal membawa tuan rumah unggul menjelang turun minum ketika tendangan bebasnya mengenai bagian atas mistar gawang.

Milan menyambut Cesena di San Siro sambil mengincar kemenangan ketiganya dari sepuluh pertandingan, dan Giacomo Bonaventura memecahkan kebuntuan pada menit ke-22 melalui sepakan menyudut mendatar yang tidak mampu dihentikan Nicola Leali ke tiang jauhnya.

Milan harus berterima kasih kepada Christian Abbiati untuk menjaga gawang mereka sama sekali tidak kemasukan, ketika sang kiper melakukan penyelamatan satu tangan pada fase akhir babak pertama dari sepakan Giuseppe de Feudis.

Namun tuan rumah memastikan kemenangan mereka ketika Giampaolo Pazzini masuk sebagai pemain pengganti untuk mencetak gol kedua pada menit ke-90, ketika ia menaklukan Leali dari titik penalti setelah Carlos Carbonera dinyatakan mendorong Luca Antonelli.

Kapten Milan Riccardo Montolivo berkata, “Terpisah dari hasilnya, saya pikir tim semestinya dipuji karena tampil solid.” “Kami layak menang dan harus terus seperti ini. Ini merupakan hari yang positif bagi semua orang.” Di Stadio Olimpico, Lazio dikejutkan pada menit ke-26 ketika Paulo Dybala mampu menaklukan Federico Marchetti di tiang jauh sang kiper.

Lazio mampu menyamakan kedudukan tujuh menit kemudian ketika kapten Stefano Mauri memasukan bola dari jarak dekat.

Tuan rumah mengamankan tiga angka pada menit ke-78 ketika Candreva melewati dua pemain di sisi kiri gawang, sebelum melepaskan tembakan melewati Sorrentino dan bola menuju sudut atas gawang.

Lazio naik ke peringkat keempat, tertinggal 17 angka dari Juventus dan hanya terpaut dua angka di belakang Napoli pada peringkat ketiga sekaligus spot terakhir kualifikasi Liga Champions.

Pada Senin, Napoli dapat mendekat tiga angka dengan Roma melalui kemenangan kandang atas Sassuolo, sedangkan Cagliari, peringkat ketiga dari bawah, menjamu Inter Milan.(ant/Bj02)