Arsip dan Dokumen Foto Moch Ichsan Walikota Semarang Pertama Diserahkan ke Pemkot

Semarang, 11/12 (BeritaJateng.net) – Plt Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu secara resmi menerima arsip dan dokumen foto sejarah panjang Mochamad Ichsan Walikota Semarang pertama dari keluarganya.

Penyerahan arsip dan dokumen foto tersebut bersamaan dengan digelarnya pameran foto dalam rangka memperingati 120 tahun Mochamad Ichsan Walikota Semarang Pertama bertajuk ‘Ode untuk Ayah, Ode to a Father’ di gedung Oudetrap Kota Lama Semarang, Sabtu (10/12).

Plt Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu menyampaikan terima kasih untuk keluarga Mochamad Ichsan atas dukungan terselenggaranya pameran foto dan dokumentasi arsip di Gedung Oudetrap, kawasan Kota Lama.

Ita, sapaan akrabnya menuturkan, perkembangan Kota Semarang menjadi sebesar sekarang tak lepas dari peran Moch Ichsan sebagai Wali Kota Semarang yang pertama.

“Kami atas nama pemerintah kota Semarang mengucapkan terima kasih atas dokumen yang sangat luar biasa. Awalnya kami nggak tau sejarahnya Mr Moch Ichsan sebagai Wali Kota dari tahun 1946 sampai 1949,” katanya, usai pembukaan pameran foto dan dokumentasi arsip Moch Ichsan, Sabtu (10/12).

Ia melanjutkan, selain sebagai Wali Kota Semarang, Moch Ichsan juga merupakan tokoh nasional. Dari arsip dan dokumentasi yang dipamerkan, tampak sejumlah foto Moch Ichsan bersama tokoh negara, seperti Presiden Ir Soekarno, Ali Alatas, juga Soepardjo Rustam.

“Kita seperti terbangun, Wali Kota Semarang pertama yang luar biasa. Kami aja nggak punya dokumentasnya, ini membanggakan,” lanjutnya.

Ke depan, pihak kearsipan dan pariwisata kota akan menyusun sejarah Moch Ichsan untuk bisa ditampilkan ke khalayak umum.

“Ada juga medali penghargaan. Nanti akan kami siapkan sendiri untuk ini adalah sejarah yang harus kita hargai untuk diceritakan ke anak cucu,” bebernya.

Sementara, Firman, anak dari Moch Ichsan menambahkan, serah terima arsip dan dokumentasi akan dilakukan secara mendetail. Termasuk kondisi dan kelengkapan benda-benda yang diserahkan.

“Nanti ada berita acara dan akan segera ditindaklanjuti dengan dinas arsip dan perpustakaan yg jelas itu adalah semenjak di jaman Jepang, Belanda, sampai jadi kiota Semarang,” jelasnya.

Arsip dan dokumen tersebut antara lain berupa data-data administratif. Seperti penunjukan Wali Kota, sekretaris negara, bahkan jumlah honor pada saat itu.

“Saya pikir dokumen ini akan berarti dan membesarkan hati warga Kota Semarang untuk mengetahui sejarah dan dirinya sendiri,” tutup Firman.

Seperti diketahui, Mochamad Ichsan merupakan Walikota Pertama Semarang. Jabatan Ini diamanahkan kepadanya sejak 8 Januari 1946 hingga 1949. Pria kelahiran Weleri tahun 1902 ini memiliki perjalanan hidup yang panjang.

Selepas menjabat sebagai Wali Kota Semarang, Moch Ichsan juga menduduki jabatan penting di pemerintahan. Ia sempat menjabat sebagai duta besar untuk Thailand, Vietnam dan Kamboja.

Moch Ichsan wafat di Jakarta, pada tahun 1991 dalam usia 91 tahun. Ia dimakamkan di pemakaman Jeruk Purut, Jakarta. (Ak/El)

Leave a Reply