Home Lintas Jateng Armada BRT Semarang Prioritaskan Penumpang Pelajar 

Armada BRT Semarang Prioritaskan Penumpang Pelajar 

Semarang, 9/3 (BeritaJateng.net) – Badan Layanan Umum (BLU) UPTD Trans Semarang menegaskan armadanya memprioritaskan kalangan pelajar sebagai penumpang saat jam sekolah di pagi hari, mulai pukul 05.30-07.00 WIB.
“Kami sediakan BRT (Bus Rapid Transit) Trans Semarang khusus pelajar saat jam sekolah. Minimal empat armada/koridor,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BLU UPTD Trans Semarang Agung Nurul Falaq di Semarang, Rabu.
Menurut dia, armada Trans Semarang khusus pelajar itu memang diprioritaskan untuk mengangkut pelajar untuk masuk sekolah dan tidak diperbolehkan mengangkut penumpang umum selama jam sekolah.
Jadi, kata dia, saat jam sekolah dioperasikan dua jenis armada Trans Semarang, yakni Trans Semarang khusus pelajar dan Trans Semarang reguler yang diperbolehkan mengangkut penumpang umum.
“Kalau Trans Semarang khusus pelajar memang tidak boleh mengangkut penumpang umum, namun Trans Semarang reguler juga tidak boleh menolak jika ada pelajar yang mau menumpang,” katanya.
Akan tetapi, kata dia, pemberlakuan dua jenis armada itu hanya untuk jam sekolah sehingga mulai pukul 07.00 WIB ke atas semua armada Trans Semarang tetap dioperasikan seperti biasanya.
“Sebenarnya, kebijakan Trans Semarang khusus pelajar ini sudah lama, tetapi mungkin ada yang belum tahu. Makanya, sempat ada keluhan dari pelajar yang ditolak saat mau naik Trans Semarang,” katanya.
Ia mengatakan armada Trans Semarang yang akan dinaiki pelajar saat mau berangkat sekolah itu kemungkinan yang reguler, tetapi semestinya tidak boleh menolak jika ada penumpang dari kalangan pelajar.
“Kami akan evaluasi dan sosialisasikan lagi kepada petugas di lapangan. Mungkin kurang paham mengenai kebijakan itu, seolah-olah bus reguler hanya khusus penumpang umum,” kata Agung.
Untuk sore hari, kata dia, kebijakan armada Trans Semarang khusus pelajar seperti saat pagi hari di jam sekolah tidak diberlakukan karena waktu kepulangan siswa di setiap sekolah berbeda-beda.
Sementara itu, Kepala Sub Bagian Tata Usaha BLU UPTD Trans Semarang Ade Bhakti menambahkan durasi keberangkatan armada pada jam sekolah juga dipersingkat dari biasanya setiap 10 menit menjadi 7 menit.
“Pelajar memang menjadi prioritas Trans Semarang pada pagi hari. Mengenai keluhan pelajar yang ditolak naik BRT, sopir bus bernopol H 1708 sudah dipanggil, dan ternyata sopirnya kurang paham,” katanya.
Bagi armada Trans Semarang reguler yang beroperasi saat jam sekolah, kata dia, tetap harus mengangkut penumpang dari kalangan pelajar selama masih ada tempat atau ketersediaan daya tampung. (El)
Advertisements