Home Hiburan Arang-arang Kambang, Ucap Syukur Warga Pada Tuhan

Arang-arang Kambang, Ucap Syukur Warga Pada Tuhan

image

Blora, 17/4 (Beritajateng.net)-Warga masyarakat Dusun Ndamaran Kelurahan Jepon, Kecamatan Jepon, mengadakan syukuran Arang-arang Kambang di sendang dekat kampung. Acara itu sebagai tanda rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa bahwa mereka sudah melewati satu musim panen yang cukup memuaskan.Kegiatan seperti ini sudah mereka lakukan sejak tahun sembilan puluhan sampai sekarang masih terus berjalan dengan lancar sebanyak dua kali dalam satu tahun.

“Kami masyarakat Dusun Ndamaran selalu mengadakan tradisi seperti ini sehabis musim panen, dan ini kita lakukan dua kali dalam satu tahun setiap habis panen. Ini kita lakukan sebagai bukti rasa syukur kita atas rezeki yang diberikan oleh Tuhan kepada kita,” ujar Sarni, warga Rt 06 Rw 04 Dusun Ndamaran Kelurahan Jepon, Jumat (17/4).

Dia menambahkan, warga sadar bahwa rezeki yang diberikan Tuhan harus selalu di syukuri. “Setiap tahun kita tidak hanya mengadakan Arang-arang kambang saja, kita juga mengadakan panggang ayam di sebndang yang satunya namun di lokasi yang sama, serta dilakukan sejak nenek moyang kita,” terang Sarni.

Kepala Kelurahan Jepon Heri Puspowati SE mengatakan salut atas kekompakan masyarakat Ndamaran karena sejak puluhan tahun sampai sekarang ini masih menanamkan rasa persaudaraaan di tengah-tengah masyarakat.”Di era globalisasi sekarang ini jarang kita temukan tradisi seperti ini. Hari ini saya lihat masyarakat saling bahu membahu untuk memelihara tradisi nenek moyang sehingga tidak terlihat kesenjangan antara warga,” katanya.

Diakui untuk melaksanakan tradisi yang seperti ini secara turun temurun sangatlah susah. Namun di Jepon masih terus dilaksanakan dari generasi ke generasi. “Mudah-mudahan kedepannya hal seperti in bisa dilaksanakan terus, dan di Kelurahan Jepon ini saya lihat persaudaraan dan saling gotong royong masih dilestarikan,” jelas Heri Puspowati. (BJ31)