Home Ekbis APINDO Dirikan Training Centre

APINDO Dirikan Training Centre

sekretaris Apindo Solo

SOLO, 18/4 (BeritaJateng.net) – Sekretaris APINDO kota Solo, Wahyu Haryanto, APINDO training Centre udi sangat mengapresiasi adanya hari buruh yang jatuh setiap tanggal 1 Mei atau terkenal dengan May Day. Bahkan APNDO juga mendukung peningkatan profesional buruh pekerja.

APINDO sendiri memiliki program dengan mendirikan APINDO Training Centre yang akan melatih para Human Resorce Development (HRD) terkait keilmuan tentang perburuhan agar ada penguatan. Yang harus ditingkatan adalah hubungan industrial.  

Dalam menjaga hubungan industrial produktifitas adalah hal utama. Dan untuk menjalankan produktifitas hubungannya dengan pekerja, ” ungkap Wahyu di Solo Jawa Tengah, Sabtu (18/4/2015).

APINDO training Centre berkantor  pusat ada di Jakarta, namun selalu melakukan roadshow ke daerah. Dilakukan untuk memenuhi   kebutuhan anggota. Terakhir di lakukan di Jogjakarta. Sekitar bulan  Mei akan dilakukan di Bandung. 

APINDO training Centre ini ungkap Wahyu bukan hanya anggota aktif saja yang bisa berpartisipasi. Non anggota juga diperbolehkan untuk ikut serta.

Wahyu juga menyebutkan bahwa isue tentang masih rendahnya upah buruh di Indonesia dan kaitannya menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sebetulnya jika berkaitan dengan produktifitas untuk perusahaan sudah ada perhitungan  yang diterima oleh para pekerja. 

Menurut Wahyudin selain menggunakan angka UMK yang ditetapkan di masing-masing Propinsi juga dihitung berdasarkan satuan unit kerja yang dihasilkan. 

Sedangkan kesiapan buruh untuk menghadapi MEA Wahyu mengatakan hanya di beberapa sektor saja yang terbuka misalkan sektor kesehatan, sektor profesional yang akan banyak menghadapi gempuran.

“Tapi untuk sektor industri, katakanlah pekerja langsungnya saya rasa kita tidak perlu khawatir,” pungkasnya. (BJ24)