Home Ekbis Apindo Berharap Kenaikan Upah Berskema 5 Tahun Sekali

Apindo Berharap Kenaikan Upah Berskema 5 Tahun Sekali

Frans Kongi
Frans Kongi
Frans Kongi

Semarang, 25/2 (BeritaJateng.net) – Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Jawa Tengah berharap regulasi pemerintah terkait kenaikan upah agar terjadi tiap lima tahun sekali. 

“Dari dulu kita sudah usulkan, pengupahan itu tidak bisa naik tiap tahun macam ini,” ujar Frans Kongi Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Tengah.

Menurutnya, skema lima tahun tersebut akan mampu memberikan gambaran kepada para pengusaha dalam menaikkan upah pekerjanya setiap tahun karena banyak pengusaha mengaku kesulitan setiap kali menentukan upah.

“Sehingga kedepannya, ada semacam pemikiran 5 tahun kedepan untuk kenaikannya yang telah terjadwal dan ada ukuran tertentu sehingga ada skema pembiayaan teratur,” ungkapnya.

Meskipun begitu, tambah Frans, bukan berarti upah buruh tiap tahun tidak berubah, namun seharusnya disesuaikan dengan besaran inflasi juga kemampuan perusahaan.

“Setiap tahun upah bisa dilakukan penyesuaian, sesuai besaran inflasi, misalnya inflasi 5 %, tahun depannya 4-5 % tentunya ada kenaikan tapi perhitungannya di sesuaikan dan dibicarakan secara intern,” katanya. (BJ05)