Api Abadi Mrapen

Banyak tempat wisata unik dan pastinya menarik di Kabupaten Grobogan yang rekomended untuk kunjungi dan nikmati pesonanya. Salah satunya yaitu Api Abadi Mrapen dengan sajian anti mainstreamnya. Menyuguhkan api abadi yang tak pernah padam, banyak wisatawan yang mengunjungi tempat menarik satu ini setiap harinya. Nikmati pesona diluar nalar dari Api Abadi Mrapen Grobogan. Meskipun musim hujan, Api Abadi Mrapen tidak pernah padam. Api yang keluar dari perut bumi satu ini juga dikeramatkan oleh sebagian orang.

Api Abadi Mrapen adalah sebuah kompleks yang terletak di desa Manggarmaskecamatan GodongKabupaten GroboganJawa Tengah. Kawasan ini terletak di tepi Jl. Purwodadi-Semarang, berjarak 26 km dari Kota Purwodadi. Kompleks api abadi Mrapen merupakan fenomena geologi alam berupa keluarnya gas alam dari dalam tanah yang tersulut api sehingga menciptakan api yang tidak pernah padam. Selain api abadi, di komplek tersebut juga terdapat kolam dengan air mendidih yang konon dapat dipergunakan untuk mengobati penyakit kulit, serta batu bobot yang konon apabila seseorang dapat mengangkatnya maka yang mengangkat tersebut akan mendapatkan keinginannya.

Banyak peristiwa besar mengambil api dari kompleks api abadi Mrapen sebagai sumber obornya, misalnya Pesta Olahraga GANEFO I pada tanggal 1 November 1963, serta PON X tahun 1981 dan PON XIV tahun 1996. Api abadi dari Mrapen juga digunakan untuk obor upacara hari raya Waisak. Api abadi Mrapen juga dimanfaatkan untuk berlangsung nya Asian Games 2018. Pada tanggal 25 September 2020 Api Abadi Mrapen ini sempat padam. Pada tanggal 20 Maret 2020 Ganjar Pranowo (Gubernur Provinsi Jawa Tengah) berhasil Gubernur menyalakan kembali Api Abadi Mrapen yang padam sejak 25 September 2020.

Terdapat beberapa fasilitas penunjang yang bisa anda nikmati saat berkunjung ke obyek wisata Api Abadi Mrapen Grobogan Jawa Tengah:

  1. Lokasi parkir kendaraan luas
  2. Warung wisata
  3. Toilet
  4. Mushola
  5. Gazebo dan tempat duduk
  6. Spot foto menari

 

Leave a Reply