Home Headline Apel Pasukan Pengamanan Unjuk Rasa 2 Desember

Apel Pasukan Pengamanan Unjuk Rasa 2 Desember

helikopter kepolisian akan digunakan dalam pengawasan udara saat unjuk rasa

Semarang, 28/11 (BeritaJateng.net) – Apel dan Gelar pasukan pengamanan unjuk rasa tanggal 2 Desember 2016, dilaksanakan di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Semarang pagi tadi (28/11). Apel kali ini cukup unik, karena inspektur upacara langsung dilakukan oleh 3 pejabat tinggi, yaitu Gubernur Jawa Tengah, Kapolda Jateng dan Pangdam 4 Diponegoro.

Dalam pengarahannya, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono menyampaikan, bahwa unjuk rasa harus sesuai dengan peraturan yang ada. Misalnya, unjuk rasa tidak boleh sampai mengganggu ketertiban umum. Merusak fasilitas umum dan paling penting adalah pelaksanakan unjuk rasa harus mengikuti waktu yang sudah ditentukan, yaitu mulai pukul 6.00 WIB hingga selesai pukul 18.00 WIB.

Apel Pasukan Pengamanan Unjuk Rasa
Apel Pasukan Pengamanan Unjuk Rasa

Kapolda juga mengatakan, tindakan pesuasif akan selalu didahulukan, namun bila pengunjuk rasa bertindak anarkis, maka petugas pengamanan akan bertindak tegas. ”Kami akan selalu mendahulukan tindakan persuasif dan tidak menggunakan kekerasan. Namun bila pengunjuk rasa melakukan hal hal yang dapat dikatakan anarkis, maka kami akan bertindak tegas,” jelas Kapolda di Lapangan Pancasila (28/11).

Apel pasukan pengamanan unjuk rasa ini, diikuti oleh anggota TNI dan Polri. Selain itu aparat dari pemerintahan kota dan provinsi, serta organisasi masyarakat seperti Bankom Polrestabes Semarang juga mengikuti apel ini. (BJ/El)

Advertisements