Home Ekbis Apel Amerika Masih Beredar di Pasar Johar Semarang

Apel Amerika Masih Beredar di Pasar Johar Semarang

dok. beritajateng.net

dok. beritajateng.net

Semarang, 29/1 (BeritaJateng.net) – Setelah adanya himbauan dari Kementrian Perdagangan dan Kementrian Pertanian mengenai larangan untuk menjual apel impor. Apel asal Amerika Serikat pada kenyataannya masih beredar di sejumlah pasar tradisional di kota Semarang.

Masih banyak pedagang di pasar tradisional yang tidak mengetahui soal apel impor yang terkontaminasi bakteri berbahaya listeria monocytogenes.

Salah satunya di pasar johar, Distributor buah buahan, Wayan mengaku, belum mendapatkan informasi lanjut mengenai peredaran apel impor apakah dilarang atau tidak.

Menurutnya, dengan adanya pemberitaan yang beredar hingga saat ini belum ada dampak penjualan apel impor, bahkan harga dari buah apel yang berlabel washing ton ini relatif stabil dengan harga 520 ribu untuk satu kartonnya.

“Bahkan saya juga tidak tahu apel impor yang berbahaya itu yang seperti apa,” paparnya.

Seperti diketahui, larangan Kemendag dan Kementan itu menyusul temuan bakteri listeria monocyptogenesis pada apel berlabel granny smith dan gala. Apel dengan dua merek itu diimpor dari California Amerika Serikat.

Di negara asalnya, dua apel itu dilarang beredar karena apel terinfeksi bakteri yang berbahaya dan berpotensi mengakibatkan keguguran pada ibu hamil serta infeksi meningitis pada bayi maupun balita. (BJ05)

Advertisements