Home News Update Antisipasi Pelanggaran Kampanye, KPID Usulkan Satuan Gugus Tugas

Antisipasi Pelanggaran Kampanye, KPID Usulkan Satuan Gugus Tugas

image

Semarang, 13/7 (BeritaJateng.net) – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jateng mengusulkan pentingnya satuan gugus tugas yang khusus mengawasi isi siaran kampanye untuk mengantisipasi adanya peluang terjadinya pelanggaran kampanye di berbagai media.

Berlokasi di Gedung Balaikota Semarang, Wakil Ketua KPID Jateng Pudjo Rahayu Risan yang juga menjadi pembicara menyoroti potensi pelanggaran menggunakan frekuensi publik dalam tayangan atau siaran.

“Frekuensi ini kan milik umum. Namun, kami lebih mantap untuk menilai apakah yang dilakukan merupakan pelanggaran kampanye atau tidak jika ada rekomendasi dari KPU atau Bawaslu,” katanya.

Kalau ada rekomendasi dari KPU atau Bawaslu mengenai suatu siaran atau tayangan melanggar atau tidak melanggar aturan kampanye, kata dia, pihaknya akan dengan tegas menegur pengelola media.

Makanya, pengajar komunikasi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang itu mengusulkan pentingnya satuan gugus tugas yang khusus mengawasi isi siaran karena adanya peluang terjadinya pelanggaran. (Bj05)