Home News Update Antisipasi Macet di Jembatan Spait, Jalur Alternatif Pantura Pemalang Disiapkan

Antisipasi Macet di Jembatan Spait, Jalur Alternatif Pantura Pemalang Disiapkan

Simulasi antisipasi kemacetan arus mudik dan balik lebaran di pantura Pemalang


Pemalang, 26/6 (BeritaJateng.net) –
Meskipun Jembatan Spait berada di wilayah Kabupaten Pekalongan akan tetapi jika terjadi kemacetan dipastikan ekor kemacetan akan sampai di wilayah perbatasan Pemalang yakni Ulujami. Terkait hal itu Satlantas Polres Pemalang menggelar Technical Floor Game yakni untuk melakukan simulasi secara peta dilapangan bagaimana bila terjadi kemacetan sesungguhnya.

Kapolres Pemalang AKBP Kingkin Winisuda SIK melalui Kasatlantas AKP Ardiansyah Suryo P SIK, Minggu (26/6), menjelaskan simulasi memang sengaja digelar sebab apabila pada saat mudik betul-betul terjadi kemacetan maka akan langsung dilakukan langkah-langkah sesuai dengan yang pernah diperagakan. Seperti diketahui titik rawan kemacetan yakni Jembatan Spait sebenarnya tidak masuk wilayah hukum Pemalang, namun Kabupaten Pekalongan.

Akan tetapi jika terjadi kemacetan khususnya untuk arus menuju ke Timur seperti halnya arus mudik mendatang, maka ekor kemacetan bisa sampai masuk wilayah perbatasan Pemalang. Sehingga perlu dilakukan langkah-langkah antisipasi termasuk koordinasi dengan Polres Kabupaten Pekalongan, dimana sudah diputuskan jalur alternatif yang bisa langsung digunakan adalah jalur Selatan yakni Spait-Kesesirejo kemudian kebarat ke Barat yakni Bodeh, atau masuk Sragi terlebih dahulu baru masuk Comal dan begitu sebaliknya.

“Meski prioritas yang digunakan jalur selatan akan tetapi jalur alternatif Utara yakni Comal-Ambowetan-Ulujami tetap bisa digunakan jika keadaan mendesak,”tandasnya. (BJ33)