Home News Update Antisipasi Ijasah Palsu, UNS Lakukan Verifikasi Ketat 

Antisipasi Ijasah Palsu, UNS Lakukan Verifikasi Ketat 

Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Prof Dr. Ravik Karsidi, MS
Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Prof Dr. Ravik Karsidi, MS
Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Prof Dr. Ravik Karsidi, MS



Solo, 31/5 (BeritaJateng.net) – Meskipun banyak beredar rumor adanya ijasah palsu yang beredar di masyarakat  Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Ravik Karsidi dengan tegas menyatakan dan  menjamin bahwa semua dosen pengajar di UNS yang bergelas Strata 2 dan Strata 3 semuanya ijasah  resmi.

Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Ravik Karsidi juga menyebutkan UNS menerapkan scaning ketat terhadap ijazah yang dipakainya. Baik itu mahasiswa  terutama mahasiwa pindahan dari Universitas lain yang pindah ke UNS akan dilakukan pengecekan dengan ketat lampiran ijasahnya. 

“Semuanya kita periksa. Termasuk juga mahaswa transferan (UNS ada program transfer) juga diseleksi dengan ketat,” jelas Ravik belum lama ini. 

Ravik juga menjelaskan tidak semua nilai yang ada pada ijazah mahasiswa pindahan (untuk mahasiwa yang akan lanjutkan S2 di UNS) bisa diakui oleh UNS. Maksudnya yang  bukan yang lulusan (S1) UNS. Tapi lulusan Universitas lain yang  mahasiswa S2 yang mau melanjutkan kuliahnya di UNS ini. 

“Sebelum diterima akan melalui  verifikasi yang sangat ketat, bahkan ijazah S1nya juga  kita teliti ulang,” tegas Ravik. 

Dengan ketatnya prosedur yang harus dilakukan bahkan sampai berulangkali, maka pihak UNS menjamin kampusnya bebas dari ijasah palsu.

Ravik meminta agar pihak yang berwajib menindak pelaku pemalsuan ijasah. Karena kasus tersebut bisa mencemari ijazah yang resmi  dikeluarkan oleh universitas. 

“Sayang sekali jika ijazah palsu digunakan oleh  orang-orang penting yang berpengaruh di daerah. Dan ini harus segera ditindaklanjuti oleh aparat kepolisian,” tegas Ravik.(BJ24)