Home Ekbis Angkringan Pinggir Kali Berdayakan Warga Tingkatkan Ekonomi Kampung Jawi

Angkringan Pinggir Kali Berdayakan Warga Tingkatkan Ekonomi Kampung Jawi

240
Angkringan Pinggir Kali Berdayakan Warga Tingkatkan Ekonomi Kampung Jawi

SEMARANG, 4/1 (BeritaJateng.net) – Angkringan pinggir kali Kampung Jawi terlihat mulai dipadati pengunjung pada Minggu (3/1). Angkringan yang baru dibuka pada awal 2019 ini sudah cukup dikenal oleh masyarakat luas karena angkringannya bernuansa Jawa.

Nuansa Jawa terasa dari penerangan yang lampu sentir, meja dan bangku yang terbuat dari kayu dan stand makanan yang berbentuk gubug dengan menyediakan aneka makanan tradisional jawa seperti wedang ronde, mio kopyok, es gempol, getuk, gorengan, aneka wedang dan masih banyak lagi.

Angkringan yang berlokasi di Jalan Kalialang Lama ini memiliki sistem pembayaran yang cukup unik, yaitu dengan penukarkan uang dengan kepeng. Satu kepengnya seharga Rp. 3ribu. Tidak ada minimal dalam penukarannya, jika kepengan masih sisa atau belum terpakai maka bisa ditukarkan kembali dengan uang.

Para penjualnya juga dari warga kalialang sendiri. Salah satunya Indah (30) yang sudah berjualan di sini sejak pertama kali berdirinya Angkringan Kampung Jawi ini.

“Semua yang berjualan di sini asli warga kalialang semua,” ujarnya sambil menyendoki kuah es gempol.

Indah juga mengaku bahwa dengan adanya angkringan ini bisa mendongkrak perekonomian warga Kampung Kalialang Lama.

“Warga jadi memiliki pendapatan lebih dari berjualan di sini. Alhamdulillah selalu ramai teruta saat weekend seperti ini”.

Pengunjung tidak hanya dari Semarang saja tetapi juga banyak yang dari luar kota. Selain unik harga makanannya juga cukup terjangkau dengan porsi yang cukup mengenyangkan.

Angkringan Kampung Kali ini buka setiap malam dari pukul 16.30 sampai pukul 22.00 WIB. (El)