Home Lintas Jateng Anggarkan Rp 4,5 miliar Untuk Normalisasi Dermaga Kartini

Anggarkan Rp 4,5 miliar Untuk Normalisasi Dermaga Kartini

P_20150520_124149

Jepara, 25/5 (BeritaJateng.net) – Pemerintah pusat akan menggelontorkan dana sebesar Rp 4,5 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), guna pengerukan Dermaga Pelabuhan Kartini Jepara yang telah mengalami pengendapan lumpur (sedimentasi). Proyek ini mendesak dilakukan karena dermaga tersebut mengalami pendangkalan parah, sehingga mengganggu aktivitas kapal.

Kepala Bidang Perhubungan Laut pada Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kabupaten Jepara, Sutana menjelaskan, kepastian waktu pengerukan menunggu persetujuan pemerintah pusat soal usulan pengerukan sedimentasi atau normalisasi Dermaga Kartini Kabupaten Jepara.

“Tim teknis dari provinsi sudah beberapa kali melakukan pengecekan. Hanya saja kepastian pelaksanaan proyek tersebut belum diketahui. Tapi menurut kami, pengerukan tersebut diperkirakan akan segera dilakukan dalam waktu dekat ini,” ungkap Sutana.

Sutana menambahkan, dengan anggaran tersebut diperkirakan pengerukan dilakukan untuk mengangkat endapan lumpur dengan volume 58,7 ribu kubik. Pengerukan akan difokuskan di area sandar KMP Siginjai, atau sekitar area utama pelabuhan.

“Meski demikian, jika area yang dikeruk sudah normal dan volume pengerukan belum sampai 58,7 ribu kubik itu, nantinya areanya dapat diperluas. Termasuk di area sandar KMC Express Bahari. Sebenarnya, hampir semua area dermaga mengalami sedimentasi parah,” imbuhnya. (Bj18)