Home News Update Anggar Jawa Tengah Incar Dua Emas di PON Remaja

Anggar Jawa Tengah Incar Dua Emas di PON Remaja

ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

Semarang, 18/11 (Beritajateng.net) – Pengprov Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) Jawa Tengah mengincar dua medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Remaja pertama di Surabaya, Jatim, 9-16 Desember 2014.

Ketua Umum Pengprov Ikasi Jawa Tengah Kukuh Birowo pada peluncuran sponsor dari Tunggul Sakto Honda kepada tim anggar Jateng di Semarang, Selasa, menyatakan tidak mau menyebutkan dua emas dari nomor apa dan siapa atletnya karena semua memiliki peluang yang sama.

“Semua atlet dan nomor yang akan diikuti Jawa Tengah pada PON Remaja di Surabaya mendatang memiliki peluang yang sama untuk meraih medali emas. Yang terpenting, kami bisa membawa pulang dua keping emas dari Surabaya,” katanya.

Saat ini, Jateng menyiapkan 12 atlet putra-putri dari nomor sabel, degen, dan floret, sedangkan siapa yang akan ditunjuk mewakili Jateng di PON Remaja mendatang, belum ditentukan mengingat Jawa Tengah hanya meloloskan enam atlet untuk tiga nomor putra-putri.

“Kita sudah menggelar pemusatan latihan sejak 14 hari yang lalu. Begitu usai mengikuti kejuaraan di Palembang, Sumsel, anak-anak menjalani libur dua hingga tiga hari kemudian kembali menjalani TC di Pendidikan Khusus Jalan Elang Semarang,” katanya.

Menyinggung soal lawan berat yang akan dihadapi Jateng pada PON Remaja mendatang, Kukuh Birowo yang juga anggota DPRD I Jawa Tengah itu, tidak menyebutkan daerah mana yang akan menjadi lawan berat bagi atlet Jateng.

“Semua lawan berat karena mereka juga sudah pasti melakukan persiapan seperti yang dilakukan Jateng dan mereka juga berharap bisa meraih medali emas di Surabaya. Jadi saya katakan kepada atlet saya untuk tampil maksimal dalam setiap pertandingan mendatang,” katanya.

Untuk persiapan menghadapi PON Remaja di Surabaya mendatang, dirinya mendatangkan pelatih dari berbagai daerah di Indonesia, yaitu Iswahyudi dari Aceh dan Os Ortega dari Makassar untuk nomor floret, Hendra Faradilla dari Palembang, Sumsel, untuk degen, serta Slamet Fajar (DKI Jakarta) untuk nomor sabel.

Best Manajer Dealer Honda Tungul Sakti Semarang Heri Gea mengharapkan cabang olahraga anggar bisa populer dan diminati oleh masyarakat.

“Kami komitmen untuk membantu cabang olahraga anggar agar menjadi cabang olahraga yang populer dan disenangi oleh masyarakat,” katanya.

Ketika ditanya berapa dana yang dikucurkan untuk membantu tim anggar Jateng yang berlaga pada PON Remaja di Surabaya mendatang, dia mengatakan sampai kini belum bisa menghitung soal itu.

Ia menjelaskan belum bisa menjelaskan soal itu karena pihak Ikasi Jawa Tengah juga belum mengajukan anggaran yang diperlukan untuk PON Remaja mendatang.

“Yang pasti kami komitmen untuk membantu cabang olahraga anggar ini,” katanya.

Bahkan, bagi peraih medali emas pada PON Remaja mendatang, dirinya menyediakan bonus, berupa sepeda motor.

“Karena yang bertanding masih remaja, tentunya yang kami memberikan bonus motor Honda Vario dulu, nanti kalau berlanjut prestasinya tentunya akan diberikan bonus motor yang lebih besar,” katanya.(ant/pj)