Home Ekbis Alfamart Semarang Berdayakan Penyandang Disabilitas Sebagai Karyawan

Alfamart Semarang Berdayakan Penyandang Disabilitas Sebagai Karyawan

312
Branch Manager Alfamart Semarang, Mulyanto, memberikan apresiasi kepada perwakilan karyawan disabilitas.

SEMARANG, 3/12 (BeritaJateng.net) – Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang jatuh setiap 3 Desember berlangsung istimewa bagi PT Sumber Alfaria Trijaya (SAT) Tbk Cabang Semarang. Selain turut memperingati, Alfamart juga memberikan apresiasi kepada para karyawan disabilitas.

Branch Manager Alfamart Semarang, Mulyanto, mengatakan saat ini di cabang Semarang terdapat 16 orang karyawan disabilitas. Dan jumlah tersebut ditargetkan akan terus bertambah.

“Saat ini kami konsen untuk menambah jumlah karyawan disabilitas. Karena pada dasarnya, mereka (penyandang disabilitas) memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pekerjaan yang layak,” kata Mulyanto dalam peringatan HDI di kantor cabang Semarang, Selasa (3/12).

Menurutnya, Alfamart sebagai salah satu jaringan toko ritel modern di Indonesia, berharap bisa memekerjakan karyawan disabilitas sebanyak 1% dari total karyawan yang ada. Untuk merealisasikan hal itu Alfamart menyatakan terbuka untuk menerima karyawan disabilitas.

Dalam peringatan HDI kemarin, pihak manajemen memberikan bingkisan dan piagam penghargaan termasuk menyerahkan pin sebagai bentuk apresiasi kepada tiga wakil karyawan disabilitas yakni Anton Febrianto, Inten Sari Herlinawatin dan Yuraissa Malva Missrany Sufa.

“Mereka (para karyawan disabilitas) menunjukkan ethos kerja dan semangat yang luar biasa. Bahkan tidak kalah dengan karyawan normal lainnya,” tambah dia.

Bahkan, Inten dan Yuraissa lanjut Mulyanto, memiliki sederet prestasi. Inten misalnya sebelum bekerja di Alfamart sempat bekerja di perusahaan BUMN. Sementara Yuraissa memiliki kemampuan berlenggak-lenggok di atas catwalk dan seorang body painting meski tuna wicara.

Menurut Yuraissa, dirinya mengaku enjoy dan bersemangat bekerja di Alfamart. Pihaknya juga mengaku dengan bekerja bisa memiliki banyak teman dan mampu meningkatkan rasa percaya diri.

“Saya sejak lama ingin bekerja di Alfamart dan mengetahui Alfamart dari facebook. Alhamdulilah akhirnya bisa diterima dan bekerja,” ujarnya dalam bahasa isyarat.

Senada, Inten juga mengakui selama bekerja di Alfamart dirinya banyak mendapatkan pengalaman yang berharga. Sebagai kasir, memaksa dia untuk mampu berinteraksi dan beradaptasi dengan konsumen.Kondisi itu membuat dirinya semakin percaya diri dan bersemangat untuk bekerja.

“Saya enjoy bekerja di Alfamart, meski awalnya agak canggung saat menghadapi konsumen. Tapi lama-lama saya terbiasa dan memiliki rasa percaya diri yang cukup tinggi,” sambung dia. (El)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here