Home Headline Aktivitas Tambang Meluas, Warga Bongkar Jembatan

Aktivitas Tambang Meluas, Warga Bongkar Jembatan

Bongkar Jembatan

Jepara (29/07), beritajateng.net  – Kesal dengan aktivitas tambang di Kali Talang Desa Jenggotan Kecamatan Kembang, warga membongkar jembatan kecil yang digunakan sebagai jalur pengangkutan hasil tambang, Rabu pagi.

Aktivitas tambang tersebut bahkan merangsek lahan pertanian milik warga. Sunarta (40), warga Jenggotan menjelaskan, aktivitas pembongkaran   dilakukan sekitar pukul 07.00 WIB.

Ratusan warga berbondong-bondong membawa sejumlah perlengakapan seperti linggis.

Menurutnya, pembongkaran tersebut dilakukan karena emosi warga memuncak. Sudah sekian tahun aktivitas pertambangan merusak lahan warga.

“Aktivitas tambang sudah berlangsung sejak empat tahun lalu,” tandas dia.

Dia mengungkapkan, sebenarnya pihaknya sudah melakukan pelaporan di pihak keamanan maupun Pemkab Jepara. Tapi tidak pernah ada tanggapan.

“Puncaknya, warga membongkar jembatan ukuran dua kali empat meter itu. Saat ini aktivitas tambang pung berhenti,” urainya.

Rohmad, salah seorang petani menyampaikan, aktivitas pertambangan bahkan sudah merangsek lahan pertanian warga. Sehingga lahan pertanian yang terletak di sebelah barat kali, saat ini sudah berada di area sungai.

Saat awal pertambangan, petani sebenarnya tidak berkeberatan. Sebab dengan adanya aktivitas itu, lahan yang awalnya tidak bisa digarap, menjadi bisa digarap.

“Tapi lama kelamaan kian meluas dan merambah lahan warga. Saat ini lahan warga pun berada di dalam aliran kali,” jelasnya.

Selain itu, saat ini Kali Talang sudah tidak bisa dilihat di mana aliran sungai yang sebenarnya. Sungai hanya bisa terlihat saat musim hujan, di mana baru teraliri air.

“Saat musim hujan, justru sering terjadi banjir. Baik di lahan pertanian maupun pemukiman warga,” terang Rohmad. (BJ18)