Home Headline Aksi Sosial #BantuSembako Untuk Mahasiswa Terdampak COVID-19

Aksi Sosial #BantuSembako Untuk Mahasiswa Terdampak COVID-19

399
Aksi Sosial #BantuSembako Untuk Mahasiswa Terdampak COVID-19

Semarang, 9/6 (BeritaJateng.net) – Sebuah kampanye sosial dari mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi UNDIP yaitu #bantusembako telah melakukan bantuan terhadap mahasiswa terdampak COVID-19 yang masih berada di Semarang khususnya bagi mereka yang tidak bisa pulang ke daerah asal mereka masing-masing berupa sembako.

Kampanye ini dilakukan dalam jangka waktu 2 bulan penuh. Kampanye ini dilakukan dengan melihat kekhawatiran terhadap mahasiswa yang terdampak COVID-19 tidak bisa pulang ke daerah asal karena beberapa alasan, mengalami kesulitan ekonomi dan bentuk solidaritas sesama mahasiswa. Kegiatan ini dilakukan dengan menggalang dana dari masyarakat dan beberapa perusahaan sebagai donatur.

“Jadi bantu sembako merupakan salah satu cabang dari gerakan sosial bantu kawan, yang digagas oleh mahasiswa ilmu komunikasi UNDIP, yang bertujuan untuk membantu mahasiswa perantauan UNDIP khususnya  yang masih menetap di Tembalang karena terkendala wabah COVID-19 ini, dengan memberikan bantuan berupa sembako untuk setiap minggunya,” ujar Yekholia Maoureenth P. selaku ketua kampanye #bantusembako.

Sejak dijalankan sekitar 1 bulan yang lalu, tim #bantusembako telah mendistribusikan 158 paket sembako, 128 paket sembako untuk mahasiswa dan 30 paket sembako kepada warga sekitar Tembalang.

Pendistribusian ini tentu saja memperhatikan kriteria tertentu yang dianggap pantas menerima bantuan dan memperhatikan anjuran pencegahan COVID-19 dari pemerintah dalam pembagiannya.

Detail sembako yang diberikan sengaja dibedakan karena dalam masa pandemic ini diikuti juga oleh masa bulan Ramadhan. Untuk minggu 1 – 4 lebih ke kebutuhan pokok seperti beras, telur, minyak goreng, mie instan.

Tapi jika edisi lebaran paket sembako yang diberikan berbeda yaitu ada beras, makanan ringan, sarden, minuman penyegar (nutrisari), mie instan. Hingga 27 Mei 2020, tim #bantusembako berhasil menggalang dana sebesar  Rp 16.241.000 dengan rincian donasi uang Rp 14.711.000 dan barang Rp 1.530.000.

“Kalau kesannya, aku pribadi seru sih, ada kepuasan dan kesenangan sendiri gitu bisa bekerja bareng-bareng sama temen-temen untuk membantu temen-temen lain yang  masih stay di tembalang. Agak hectic jujur di lapangan, tapi seru aja bagiin sembako tiap mingginya,” ujar Aike Ingget Pratiwi sebagai Koordinator lapangan  #bantusembako soal kesan selama kegiatan kampanye sosial tersebut.

Harapan dari kegiatan ini adalah semoga kampanye ini bisa benar-benar memberikan dampak nyata pada orang sekeliling kita dan project atau kampanye sosial akan semakin marak digalakkan untuk mendukung kondisi yg terjadii sekarang ini.

#bantusembako merupakan cabang dari gerakan sosial Bantu Kawan, yang digagas oleh mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Diponegoro yang dinaungi oleh HMD Ilmu Komunikasi dan diketuai oleh Yekholia Maoureenth P sebagai bentuk empati terhadap mahasiswa yang terdampak pandemi COVID-19 dengan melakukan penggalangan dana yang akan disalurkan kepada mahasiswa dan mahasiswi rantau UNDIP yang masih menetap di Tembalang berupa sembako. (El)