Home Lintas Jateng Air Surut, Namun Underpass Masih Berbahaya Untuk Di Lewati

Air Surut, Namun Underpass Masih Berbahaya Untuk Di Lewati

Underpass Makamhaji
Underpass Makamhaji
Underpass Makamhaji

Sukoharjo, 1/5 (BeritaJateng.net) – Meski genangan air di lokasi underpass Makamhaji sudah surut dan jalan kembali dibuka namun di sepanjang jalan underpass masih berbahaya untuk dilewati kendaraan karena jalan licin akibat sisa lumpur dan bekas lubang jalan beraspal yang rusak serta lembaran besi yang menonjol kebahu jalan.

Lokasi underpass yang berada tepat  jalan dibawah double track kereta Solo-Yogyakarta sementara ini berhasil diperbaiki oleh Kementrian Perhubungan. Sisa banjir  dikeringkan dengan pompa air yang beroperasi seperti biasanya. Meski begitu, nampak besi penutup lubang jalan yang rusak ujung besinya nampak menonjol keluar sehingga berbahaya bagi pengendara yang melewatinya.

Rencananya siang ini  Menteri Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono akan mengunjungi lokasi underpass di Makamhaji Sukoharjo, Jawa Tengah.

Kasi Prasarana Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Tengah, Yus Rizal menyebutkan pihaknya akan mendatangkan ahli hidrolika dan geologi dari Universitas Gajah Mada dan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo untuk menghentikan aliran sumber mata air bawah tanah Underpass Makamhaji.

“Tim ahli akan mencari solusi terkait mata air yang memicu genangan di Underpass Makamhaji,” jelasnya kepada sejumlah wartawan di kompleks underpass Makamhaji.

Wahyu, salah satu pengguna jalan mengaku senang underpass kembali dibuka sehingga dirinya tidak lagi memutar ketika harus bekerja di salah satu pabrik tekstil di daerah Pabelan, Sukoharjo. Namun menurut Wahyu, besi penutup lubang itu sangat berbahaya jika terkena roda.

“Ujung besinya nongol keluar, jadi kalau tidak hati-hati bisa jatuh. Belum lagi lumpur yang masih tersisa membuat jalan menjadi licin,” keluhnya, Minggu (1/5/2015).

Sementara itu Kasatlantas Polres Sukoharjo, AKP Maryadi saat ini lalu lintas underpass Makamhaji sudah kembali normal. Sebelumnya jalur dialihkan ke arah Solo seperti Purwosari maupun Slamet Riyadi.

“Petugas dari Satuan Lalulintas Polres Sukoharjo sudah ditarik kembali. Arus lalu lintas kami alihkan kembali ke asalnya,” pungkasnya. (BJ24)