Home Nasional Ahok Siap Serahkan Seluruh Data Terkait Raperda Reklamasi Pantai Utara Ke KPK

Ahok Siap Serahkan Seluruh Data Terkait Raperda Reklamasi Pantai Utara Ke KPK

598
Basuki Tjahja (Ahok)

 

Jakarta ,7/4/16 (BeritaJateng.net) – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok berjanji menyerahkan data terkait pembahasan Raperda Reklamasi Pantai Utara di Jakarta kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Data pemda ini dibutuhkan untuk melengkapi berkas penyidikan kasus suap reklamasi yang tengah diusut lembaga antirasuah.

Menurut Ahok data yang dimiliki Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dapat menjadi dokumen tambahan dari rekaman pembahasan beleid ini yang sudah dimiliki KPK.

“Kami hormati KPK, isunya pun berkembang kemana-mana, saya sudah janji dengan KPK kami akan kasih data semua, melengkapi data yg dipunyai kpk” kata Ahok di Jakarta.

Untuk mengonfirmasi data yang dipunya, Ahok juga siap bila harus datang ke kantor lembaga antirasuah untuk bersaksi.

Meski demikian, Ahok tak bisa mengungkap oknum DPRD DKI Jakarta yang terlibat dalam suap. Ahok berharap KPK yang dapat menguak aktor korupsi di kasus ini.

“Saya tidak punya data kalau nama. KPK lebih tahu kan bisa sadap semua pembicaraan. KPK canggih kok,” katanya.

Raperda yang diduga menjadi obyek suap yakni Raperda Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil di Provinsi Jakarta tahun 2015-2035 mengatur kawasan peruntukan di pesisir Jakarta termasuk pulau-pulau reklamasi dan Raperda tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai di Jakarta Utara.

Negosiasi kedua beleid ini tak kunjung rampung. Baik eksekutif maupun legislatif menemui jalan buntu ketika membahas kontribusi tambahan pengembang yang perlu dibayarkan dalam bentuk uang kepada pemerintah DKI Jakarta. Pemerintah mengusulkan pengembang diwajibkan membayar 15 persen x luas lahan yang dijualbelikan (di pulau reklamasi) x Nilai Jual Obyek Pajak (NJOP).

Namun, DPRD tak sepakat dengan penghitungan tersebut dan menghendaki hanya 5 persen saja lantaran dinilai memberatkan pengembang. (Bj50)

Advertisements