Home Nasional Ahok: Mereka”Manusia Perahu Luar Batang” Lagi Incar Hunian di Tanggul

Ahok: Mereka”Manusia Perahu Luar Batang” Lagi Incar Hunian di Tanggul

Kondisi pasca penggusuran rumah luar Batang

Jakarta, 14/4/16 (BeritaJateng.net) – Pasca di gusurnya permukiman warga di pasar ikan kawasan luar batang, beberapa kepala keluarga enggan untuk pindah ke rumah susun yang disediakan oleh Pemprov DKI Jakarta. Mereka bahkan bertahan dan hidup diatas perahu yang tertambat di sungai sekitar eks permukiman sebagai “manusia perahu”.

Menanggapi nasib korban penggusuran ini, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tak akan memaksa warga yang bertahan itu untuk pindah ke rumah susun yang disediakan. Menurutnya, para “manusia perahu” tak perlu diminta pindah ke rusun karena akan hilang dengan sendirinya

“Tidak apa, lama-lama mereka hilang sendiri,” kata ahok.

Bahkan ahok juga menuduh warga Pasar Ikan Luar Batang, korban penggusuran yang kini tinggal di perahu bukan cuma bertahan. Mereka juga menurut Ahok tengah mengintai pembuatan tanggul.

“Mereka bukan mau tinggal di perahu tapi lagi mau ngintai. Nanti kalau tanggul sudah jadi mereka mau injek lagi di atasnya,” ujar Ahok.

Sebagai bentuk kompensasi penggurusan kawasan Pasar Ikan, Pemprov DKI Jakarta menyediakan beberapa rumah susun untuk menjadi tempat tinggal warga. Beberapa rusun yang disediakan antara lain Rusun Marunda, Rawa Bebek, Kapuk Muara, Cakung Barat dan Tipar Cakung. Namun tak semua warga Pasar Ikan korban penggusuran mau pindah ke rusun.

Beberapa kepala keluarga memilih bertahan di atas perahu mereka yang tertambat di sungai di sekitar Pasar Ikan setelah tempat tinggal mereka dihancurkan. Sementara mereka yang tinggal di Rusun Rawa Bebek mengeluhkan sempitnya tempat tinggal dan minimnya fasilitas.

Usai menggusur Pasar Ikan, Pemprov DKI Jakarta berencana mengusur bangunan di kawasan Luar Batang yang berada berdampingan dengan Pasar Ikan. Penggusuran baru dapat dilakukan setelah trase turunan dari Pasar Ikan selesai dibuat.(Bj50)