Home Lintas Jateng Ada ‘Travelator’ di Pasar Tradisional Solo

Ada ‘Travelator’ di Pasar Tradisional Solo

Pasar Tanggul
Pasar Tanggul
Pasar Tanggul

Solo, 1/6 (BeritaJateng.net) – Bertepatan dengan hari lahirnya  Pancasila 1 Juni, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo bakal meresmikan pasar rakyat Tanggul, yang berada di  Kampung Sewu, Solo. Pasar rakyat dua lantai  yang sudah direnovasi dengan konsep modern tersebut  berbeda dengan pasar rakyat lainnya di kota Solo. 

Wali Kota Solo FX. Hadi Rudyatmo yang meresmikan pasar rakyat Tanggul ini menjelaskan bahwa pasar rakyat ini  dilengkapi dengan travelator. Dan pasar rakyat ini merupakan satu-satunya pasar tradisional yang dikemas modern dengan menggunakan travelator.

Menurut Rudy travelator dan eskalator itu berbeda. Yang membedakan adalah jika travelator itu tetap bisa berjalan tanpa menggunakan listrik. Sedangkan eskalator harus menggunakan listrik.

“Bisa dikatakan pasar semi modern ini merupakan satu-satunya pasar di Indonesia yang dilengkapi dengan travelator,” jelas Rudi saat acara peresmian Pasar Tanggul, Senin (1/6/2015). 
 
Rudy juga menjelaskan alasan  Pemkot Solo menggunakan travelator  di dalam  pasar rakyat ini agar masyarakat kecil tahu seperti apa travelator itu, karena banyak masyarakat yang belum mengerti.

“Selain itu adanya travelartor akan membuat pedagang bisa menjaga kebersihan. Pedagang harus  bisa menyesuaikan diri, salah satunya tidak menjajakan dagangannya secara sembarangan,” jelas Rudy.

Bahkan travelator dianggap aman karena ada sensornya. Saat ada yang mendekat baru bisa jalan. Selain itu disamping knan dan kirinya ada pegangannya.

“Jadi aman untuk lansia dan anak, juga bisa digunakan untuk penderita difabel,” pungkas Rudy. (BJ24)