Home Headline Ada Dua Daerah Di Jateng Teridentifikasi Dugaan Money Politik

Ada Dua Daerah Di Jateng Teridentifikasi Dugaan Money Politik

Ilustrasi

SEMARANG, 14/02 (BeritaJateng.net) – Dua daerah di Jawa Tengah yang melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), diidentifikasi adanya dugaan money politik jelang pelaksanaan Pilkada serentak yang digelar pada hari Rabu (15/02/2017).

Menurut Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Tengah, dua daerah tersebut yakni Kabupaten Pati dan Banjarnegara.

Hal tersebut teridentifikasi Bawaslu, setelah adanya laporan dari Panwas setempat, terkait dugaan praktek politik uang dari salah satu pihak calon tertentu. Dengan demikian, pihak Bawaslu berencana akan segera melakukan tindakan dengan memimpin langsung pengawasan terhadap pelaksanaan pemungutan suara Pilkada.

Meski diidentifikasi melakukan praktek money politik, namun sesuai ketentuan, calon yang bersangkutan tidak dapat digugurkan dari proses pencalonan Pilkada. Namun, untuk memastikan proses hukum tetap berjalan, rencananya persoalan ini akan dilimpahkan kepada Sentra Sentra penegakan hukum terpadu, yang meliputi Bawaslu, Kejaksaan, KPU, serta pihak kepolisian.

“Sesuai ketentuan, pihak yang bersangkutan terkait money politik, memang tidak dapat langsung digugurkan dari pencalonan. Namun, proses hukum tetap akan berjalan, bilamana memang terlibat dalam persoalan tersebut. Pihak Bawaslu, nantinya akan langsung ikut juga untuk melaksanakan pengawasan saat pemungutan suara Pilkada di Jawa Tengah,” Ucap Teguh Purnomo, Anghota Bawaslu Jateng, Selasa (14/02/2017) saat konferensi pers di Kantor Bawaslu Jateng.

Pihaknya menambahkan, dalam pelaksanaan Pilkada memang praktek money politik cukup kuat terjadi. Bahkan pada pelaksanaan Pilkada serentak sebelumnya, tidak ada daerah yang terbebas dari money politik.

Untuk itu, perlu adanya peran langsung dari semua pihak untuk ikut melakukan pengawasan agar Pilkada serentak berjalan aman, sehat dan lancar. (ED/EL)

Advertisements