Home News Update 72.462 RTS di Blora Terima Dana PSKS

72.462 RTS di Blora Terima Dana PSKS

image

Blora, 11/4 (Beritajateng.net)-Sebanyak 72.462 rumah tangga sasaran (RTS) yang tersebar di 16 kecamatan menerima Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS). Jumlah itu sama dengan jumlah penerima pada tahun sebelumnya.

Mereka akan menerima dana bantuan tunai sebesar Rp 600 ribu, atau bertambah dari tahun lalu yang hanya Rp 400 ribu. Dana PSKS serentak akan dicairkan mulai Sabtu (11/4) di balai desa atau kelurahan masing-masing dengan dilakukan oleh pegawai Kantor Pos setempat.“Sebelum pencairan sudah berkoordinasi dengan Pemkab dan serentak besok harus mulai dicairkan,” ungkap Kepala Kantor Pos Blora Purwo Sudarmanto di kantornya.

Menurut Purwo, PSKS sebenarnya tidak jauh beda dengan BLT, namun kali ini bentuknya adalah tabungan simpanan giro pos. Untuk pencairan dana PSKS, syaratnya penerima harus menunjukkan Kartu Perlindungan Sosial (KPS) yang sudah mereka terima tahun lalu. Dengan membawa bukti diri yang sah, seperti KTP sesuai dengan data yang ada di KPS. Bila diwakilkan maka harus menunjukkan surat kuasa yang diketahui dari desa/kelurahan.

’’Kartu KPS harus dibawa dan ditunjukkan kepada petugas saat akan mencairkan,’’tegasnya. 

Jika KPS hilang, Purwo menjelaskan harus ada surat pernyataan kehilangan dan diketahui oleh desa/kelurahan dengan disertai materai. Untuk pencairannya nanti akan dilakukan di lokasi yang mudah di jangkau masyarakat, seperti balai desa/kelurahan, kantor kecamatan. ’’Pencairan nanti langsung di desa atau kantor kecamatan sehingga lebih memudahkan masyarakat penerima dan menghindari antrian,’’ jelas Purwo. (BJ31)