Home Headline 6 TPS di Semarang Lakukan Pemungutan Suara Ulang

6 TPS di Semarang Lakukan Pemungutan Suara Ulang

494
6 TPS di Semarang Lakukan Pemungutan Suara Ulang

Semarang, 27/4 (BeritaJateng.net) – Sebanyak enam tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Semarang menggelar pemungutan suara ulang Pemilu 2019, Sabtu (26/4) pagi.

Dari enam TPS yang melaksanakan pemungutan suara ulang, tidak seluruhnya melakukan pemilihan untuk kelima surat suara pemilu.

Seperti TPS 11 Bendanngisor, Gajahmungkur PSU hanya pemilihan Presiden, TPS 7 kedungmundu, Tembalang, PSU hanya surat suara untuk pemilihan presiden dan DPR RI.

Namun untuk di TPS 20, sampangan, Gajahmungkur dan TPS 50 meteseh, Tembalang dan TPS 38 Banget ayu kulon Genuk PSU komplit 5 surat suara. Sementara  di TPS 75 sendangmulyo, Tembalang PSU Pilpres dan DPD.

Ketua KPU Kota Semarang Henry Casandra Gultom mengatakan untuk enam TPS  dari 4.542 TPS di Kota Semarang yang melakukan pemungutan suara ulang semua sama yakni kesalahan prosedural administrasi. Rata-rata warga yang tidak terdaftar, tetap berusaha mencoblos, bermodalkan e KTP tanpa menggunakan surat A5 yang telah ditentukan.

“Kami melaksanakan sesuai prosedur yang direkomendasikan oleh Bawaslu. Ini murni tidak ada unsur pidana, tapi kesalahan prosedural dalam mencoblos” ujarnya.

Kepada petugas KPPS, pihaknya mengimbau menjaga kondisi fisik. Bila lelah KPPS bisa beristirahat sejenak.

“Kami cuma bisa menganjurkan istrirahat dulu boleh. Tidak harus hari itu juga dihitung, sesuai keputusan MK sampai hari berikutnya dengan batas jam 12 siang,” tambahnya.

Gunawan Ketua KPPS di TPS 20 Kelurahan Sampangan siap melaksanakan coblosan ulang meski harus mengulang lima surat suara.

“Untuk diwilayah kami ada 220 DPT sementara untuk DPTB mendapat 20 orang,” ujarnya. (Nh/El)