Home Ekbis 6 Bulan Terhenti Akibat Covid, Kini Peternak Lele di Blora Bangkit Kembali

6 Bulan Terhenti Akibat Covid, Kini Peternak Lele di Blora Bangkit Kembali

311

BLORA, 02/01 (BeritaJateng.net) – Setelah sempat berhenti selama enam Bulan sejak adanya Covid 19, kini kelompok peternak lele yang tergabung dalam Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pringgading Makmur pimpinan Dhani Ariwuryanto warga Kelurahan Mlangsen, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah mulai bangkit kembali.

Diberitakan sebelumya, mereka berembuk bareng bagaimana cara bertahan ditengah Pandemi peternakan lelenya tetap eksis.

Dengan tehnologi dan peralatan sederhana mereka membuat pakan lele sendiri yang harganya lebih murah dibandingkan harga pabrikan.

Dan hasilnya di luar dugaan, pakan lelenya sampai kuwalahan melayani para peternak lele di lingkungannya.

Selain itu mereka juga mengembangkan ternak lelenya di Jl. Cendana Rt 01/01 Kelurahan Beran, Kecamatan Blora.

Melihat kondisi seperti itu sosok Abu Nafi, anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah dari Partai PPP asal Blora terketuk hatinya berkunjung melihat sendiri peternakan lele dan pembuatan pakan lele tersebut.

Setelah melihat semangat mereka, Abu Nafi yang juga ketua DPC PPP Kabupaten Blora ingin membantu mereka agar peternakan lelenya lebih maju lagi.

Ia akan berkoordinasi dengan pemerintah Provinsi Jawa Tengah, untuk mengusahakan bantuan alat pembuatan pakan lele yang lebih besar agar produksinya lebih banyak lagi.

“Ya, ini sangat bagus, dalam kondisi seperti ini, mereka masih bisa bertahan. Melihat semangat mereka, saya akan koordinasikan dengan Pemerintah Provinsi. Pasti saya akan bantu,” ucapnya (Sabtu, 02/01/2021).

Dalam kunjungannya di wilayah binaanya, ia dengan didampingi istrinya melihat langsung peternakan lele dan pembuatan pakan lele kelompok UMKM Pringgading Makmur.

Sementara Dhani Ariyanto, ketua kelompok UMKM Pringgading, sangat berterimakasih atas kunjungan Mbah Abu sapaan akrabnya.

“Terimakasih Mbah Abu yang telah sudi berkunjung ke tempat kami, kami berharap agar apa yang disampaikan Mbah Abu bisa terwujud dan bermanfaat bagi kami,” kata Dhani.

Kelompok UMKM Pringgading bertekad akan terus mengembangkan usahanya. Selain pembuatan pakan lele ia juga akan membuat protein ikan dengan memanfaatkan limbah ikan mati yang di fermentasi.

“Dengan adanya dukungan dan perhatian dari Pemerintah, kami akan terus berusaha mengembangkan usaha kami,” tutupnya. (Her/El)