Home News Update 590 SD di Semarang Ikuti UN, Kadisdik: Harus Serius! Semua Tes Pengaruhi...

590 SD di Semarang Ikuti UN, Kadisdik: Harus Serius! Semua Tes Pengaruhi Kelulusan 

1114
Kepala Dinas Pendidikan saat melakukan pantauan UN SD

Semarang, 17/5 (BeritaJateng.net) – Ujian Nasional SD/MI dilakukan oleh 590 sekolah dasar di kota Semarang. Dari 590 sekolah tersebut terdiri dari sekolah negeri di Semarang ada 327 sekolah, swasta ada 180 sekolah. Untuk MI ada satu sekolah, swastanya ada 75 sekolah, SD LB satu sekolah, swastanya 4 sekolah.

“Untuk MILB satu sekolah, jadi total keseluruhan ada 590 sekolah. Jumlah peserta keseluruhan ada 24.772 orang anak,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Drs Bunyamin MPd saat memantau ujian nasional (UN) SD/MI mata pelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri Taman Pekunden didampingi Kepsek Agus Sutrisno.

“Ujian Nasional (UN) sekolah dasar baik negeri dan swasta, serta di madarasah ibtidaiyah (MI), SDLB, MILB baik negeri dan swasta pelaksanaannya tidak bisa dianggap enteng. Karena semua tes yang dilaksanakan siswa tetap mempengaruhi kelulusan, maka harus digarap dengan serius, karena yang menilai dari pihak sekolah,” terang Kadisdik Kota Semarang, Bunyamin.

Menurutnya, ujian SD dengan SMP dan SMA memang sangat berbeda, yakni untuk UN SD soal 25 persen kisi-kisi dari pusat dan 75 persen dari regional Jateng. Tiga mapel hari pertama UN SD yakni Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA.

“Selanjutnya mata pelajaran lain, seperti IPS, agama dan lain-lain semua soal dibuat dari pihak sekolah yang dinamakan ujian sekolah (US). Dan semua penilaian ujian dan penentuan kelulusan dari pihak sekolah, maka jangan anggap enteng, sebisa mungkin kerjakan soal dengan baik. Sementara UN SMP dan SMA memang tidak menentukan kelulusan dari hasil yang diperoleh,” jelasnya.

Sementara itu, Kepsek SD Pekunden, Agus Sutrisno menambahkan, proses pelaksanaan UN semua guru dilibatkan untuk menjadi pengawas. Mereka sudah diminta untuk intensif dalam menjaga ujian. “Kita ingin semua siswa lulus 100 persen,” tambahnya.(BJ06)

Advertisements